Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati di Rumah

Kompas.com - 28/11/2022, 13:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam hal mendekorasi rumah, warna lebih dari sekadar soal selera. Nyatanya, banyak bukti ilmiah menunjukkan bahwa penggunaan warna bisa berdampak besar pada suasana hati seseorang. 

Mental Floss berbicara kepada sekelompok ahli tentang penggunaan warna untuk menciptakan lingkungan yang paling menenangkan di setiap ruangan. 

Dilansir dari Southern Living, Senin (28/11/2022), berikut sejumlah warna cat yang dapat membangkitkan suasana hati. 

Baca juga: Deretan Warna Cat yang Bisa Membuat Ruangan Terlihat Besar 

Hijau

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa hijau zamrud SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa hijau zamrud
Hijau merupakan warna tumbuhan dan alam melambangkan pertumbuhan serta kehidupan. Nuansa hijau bekerja paling baik di area yang membutuhkan konsentrasi lebih tenang dan lama seperti kamar tidur, kantor, atau perpustakaan.

Allie Wilmoth, desainer interior perumahan di Wake Forest, North Carolina, yang berspesialisasi dalam pemilihan warna, mengatakan hijau adalah pilihan bagus untuk penduduk kota yang merindukan alam terbuka.

"Jika penghuni apartemen kota mencari nuansa alami di dalam ruang mereka, saya sangat merekomendasikan skema warna yang sejuk," katanya.

Memanfaatkan hijau dan biru serta mengoordinasikan warna netral abu-abu akan membantu ruang kecil terasa lebih besar. Skema biru dan hijau dapat menciptakan nuansa alami yang harmonis. 

Baca juga: Ini Warna Cat yang Dapat Membuat Ruangan Sejuk dan Tenang 

Biru

Secara psikologis, biru dikaitkan dengan ketenangan dan kepuasan. Biru tua dianggap sebagai warna optimal untuk memperlambat tubuh dan pikiran, relaksasi, serta pemulihan.

Biru dapat membuat Anda merasa tenang, terpusat, dan puas di mana pun Anda menggunakannya sehingga menjadikannya warna bagus untuk kamar tidur serta ruang kerja di rumah.

"Biru dan hijau yang lebih dingin membangkitkan perasaan tenang dan sunyi sehingga menjadikannya salah satu pilihan saya di kamar tidur," catat Wilmoth. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Harus Dihindari di Kamar Tidur, Apa Saja? 

Putih 

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi plafon ruang keluarga.Shutterstock/Pinkystock Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi plafon ruang keluarga.
Putih menunjukkan kemurnian, kebersihan, dan memantulkan lebih banyak cahaya daripada warna lainnya. Putih adalah warna sempurna untuk membuka ruang yang kecil dan gelap.

Namun, menggunakan satu warna dan membungkus seluruh ruangan akan membantu mata menjelajah ke seluruh ruangan. 

Jane Lockhart, desainer interior wilayah Toronto dan pembawa acara serial TV Color Confidential, menyarankan mencoba warna abu-abu pucat atau cream jika nada putih cerah terasa terlalu steril.

Baca juga: Cara Memilih Warna Cat Sesuai dengan Arah Ruangan

Oranye

Oranye dikenal karena kehangatan, energi, dan kemampuannya merangsang nafsu makan. Lockhart menjelaskan bahwa oranye adalah paling sosial dari semua warna. Ini merangsang percakapan, komunikasi, dan interaksi.

Selain itu, mencerminkan kemudaan, energi, dan merupakan pilihan tepat untuk mereka yang menginginkan banyak aksi, aktivitas, serta energi tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com