Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2022, 12:43 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Gigi anjing peliharaan sangatlah penting untuk dijaga kebersihannya lantaran dapat memengaruhi kesehatan mulutnya.

Oleh karena itu, kamu perlu menggosoknya secara rutin. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan ada beberapa anjing yang kurang nyaman untuk digosok giginya.

Baca juga: Waktu dan Prosedur Membersihkan Gigi Anjing Peliharaan ke Dokter Hewan

Ketidaknyamanan dapat berujung pada sahabat bulu memberontak dan menyulitkan pemiliknya. Untuk mengatasi hal tersebut, muncul gagasan penggunaan obat kumur.

Akan tetapi, apakah aman bagi anjing untuk menggunakan obat kumur? Apakah jenis obat kumur yang digunakan bisa yang turut digunakan oleh manusia, atau ada obat kumur khusus anjing?

Menggunakan obat kumur pada anjing

Dilansir dari Pets the Nest, Selasa (22/11/2022), anjing bisa menggunakan obat kumur atau mouthwash. Namun, jenis yang digunakan bukanlah obat kumur manusia melainkan obat kumur khusus anjing.

Ilustrasi anjing Rottweiler. Shutterstock/everydoghasastory Ilustrasi anjing Rottweiler.

Sebab, obat kumur khusus anjing sudah diformulasikan agar aman digunakan sahabat bulu. Selain itu, anjing tidak mengerti bahwa mereka tidak seharusnya menelan obat kumur. Sementara itu, obat kumur manusia tidak boleh ditelan.

Baca juga: Panduan Cara Menyikat Gigi Anjing Peliharaan untuk Pemula

Artinya, mereka tidak boleh digunakan pada anjing karena tidak cocok dan tidak aman bagi sahabat bulu. Ditambah lagi, banyak obat kumur manusia mengandung alkohol.

Obat kumur anjing

Merawat gigi anjing merupakan bagian integral untuk menjaga mulut sahabat buu tetap sehat. Nah, obat kumur merupakan elemen penting dari perawatan ini.

Obat kumur anjing mungkin efektif untuk meminimalisir bakteri, meningkatkan pernapasan, dan menghilangkan plak yang membandel. Di samping itu, obat kumur anjing dirancang agar aman ditelan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com