Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Ruangan

Kompas.com - 20/11/2022, 14:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang tentu menginginkan rumah yang bersih, sehat, dan segar. Menciptakan rumah sehat tak hanya sekadar membersihkannya saja, tapi juga memastikannya memiliki kualitas udara yang bersih. 

Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap remeh kualitas udara dari hari ke hari. Padahal, kualitas udara yang buruk bertanggung jawab atas banyak masalah kesehatan. 

Baca juga: 5 Hal yang Menandakan Kualitas Udara di Rumah Kamu Buruk

Apalagi, mengingat bahwa kualitas udara di dalam ruangan umumnya lebih buruk dibanding di luar, terutama selama cuaca dingin saat jendela lebih sering tertutup.

Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) mengatakan bahwa udara dalam ruangan bisa lima kali lebih tercemar daripada di luar, yang dapat memiliki efek samping yang serius bagi kesehatan Anda.

Jamur, lumut, asap, debu, dan alergen lainnya mungkin mengintai di udara di sekitar rumah, tetapi tidak terlihat oleh mata.

Paparan jangka panjang terhadap polutan ini telah dikaitkan dengan asma dan penyakit pernapasan lainnya, penyakit jantung, dan kanker.

Maka itu, penting memperhatikan kualitas udara di dalam ruangan serta membuatnya lebih bersih dan sehat. 

Dikutip dari Better Homes and Gardens, Minggu (20/11/2022), berikut cara meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan agar lebih bersih dan sehat. 

Baca juga: 5 Keuntungan Membersihkan Dinding, Tingkatkan Kualitas Udara Rumah 

Membersihkan debu 

Ilustrasi membersihkan debu pada furnitur kayu. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi membersihkan debu pada furnitur kayu.
Membersihkan dan menyedot debu secara teratur dapat membantu meminimalkan penumpukan debu, bulu hewan peliharaan, dan kotoran lainnya.

Patrick Van Deventer, Direktur Teknik Produk di Portacool, merekomendasikan penggunaan penutup antitungau debu di kasur, bantal, dan pegas kotak.

Selain itu, Deventer menyarankan mencuci tempat tidur dengan air panas setidaknya seminggu sekali. 

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kualitas Udara Dalam Ruangan Saat Cuaca Panas

Gunakan kipas ventilasi 

Selanjutnya, cara meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan adalah selalu menyalakan kipas ventilasi atau exhaust fan kamar mandi saat mandi untuk mencegah pertumbuhan jamur atau lumut.

Untuk menghilangkan kelembapan udara secara efektif, Lauren Weigel, Direktur Senior Produk Broan-Nutone untuk Amerika Utara, menyarankan menyalakannya 10 menit sebelum mandi dan membiarkannya selama 20 menit sesudahnya.

Jika tidak yakin apakah kipas berfungsi, coba pegang tisu di dekat kipas. "Jika kipas mengeluarkan udara dengan benar, kertas akan tertarik ke panggangan dan tetap di sana selama kipas menyala," katanya. 

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah  

Nyalakan cooker hood 

Ilustrasi range hood atau pengisap asap dapur, Ilustrasi cooker hood. PEXELS.COM/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi range hood atau pengisap asap dapur, Ilustrasi cooker hood.
Ketika sedang memasang, nyalakan cooker hood guna mengontrol asap, kelembapan berlebih, dan polutan lain yang terlepas ke udara. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com