Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Herbal Ini Diyakini Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria

Kompas.com - 15/11/2022, 07:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman herbal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Ada beberapa tanaman herbal yang diyakini mampu meningkatkan libido, meningkatkan gairah seks dan tingkat energi pada pria, terbukti dalam berbagai penelitian.

Menanam tanaman herbal ini dan menjadikannya bagian dari konsumsi nutrisi sehari-hari secara alami dapat meningkatkan stamina, vitalitas pria, dan kesehatan mental.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Selasa (15/11/2022), berikut beberapa tanaman herbal yang diyakini mampu meningkatkan stamina pria.

Baca juga: Ragam Tanaman Herbal yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi tanaman fenugreek atau kelabat atau klabet. PIXABAY/RAJESH BALOURIA Ilustrasi tanaman fenugreek atau kelabat atau klabet.

1. Fenugreek atau kelabat atau klabet (Trigonella foenum-groecum)

Hasil dari berbagai uji klinis menyarankan bahwa kelabat atau klabet adalah salah satu tanaman herbal terbaik untuk kesehatan pria.

Sebuah studi yang dilakukan pada 120 orang pria selama 12 minggu menyimpulkan bahwa kelabat meningkatkan kadar testosteron pada peserta.

Tanaman ini juga diketahui mengurangi risiko diabetes, tekanan darah, dan kondisi jantung, yang lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Tambahkan biji klabet ke dalam salad. Daun segarnya terasa paling enak dalam hidangan kari, sup, daging, dan sayuran.

Baca juga: 7 Tanaman Herbal yang Tak Boleh Ditanam Berdampingan

2. Rosemary (Rosmarinus officinalis)

Rosemary melindungi dari degenerasi makula terkait usia (AMD) dan menurut sebuah penelitian di Iran, rosemary juga membantu pria dengan kecemasan kinerja.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan di Northumbria University, ada senyawa dalam rosemary yang meningkatkan fungsi kognitif dan memori.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com