Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2022, 18:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah menjadi rutinitas yang harus dilakukan secara rutin untuk membuat hunian selalu bersih, nyaman, serta tertata.

Selain itu, membersihkan rumah secara rutin juga meringankan beban pembersihan selanjutnya karena tidak akan menumpuk kotoran berlebih. 

Baca juga: 10 Cara Menggunakan Lemon untuk Membersihkan Rumah

Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan ruangan berantakan dan membuat pembersihan rutin tidak berguna. Karena itu, perlu menghindari hal-hal tersebut untuk membuat ruangan selalu bersih dan rapi.  

Dilansir dari Family Handyman, Senin (14/11/2022), berikut beberapa hal yang membuat rumah berantakan

Tidak memberikan jarak pada ruangan 

Ilustrasi ruang tamu dengan lantai granit. SHUTTERSTOCK/LOW CHIN HAN Ilustrasi ruang tamu dengan lantai granit.
Setiap sudut dan celah dalam ruangan tidak selalu diisi oleh barang-barang. Penata rumah di MHM Professional Staging merekomendasikan menyisakan ruang antara furnitur dan perlengkapan.

“Dengan memiliki beberapa ruang terbuka (ruang lantai, ruang dinding, dan ruang permukaan) tanpa apa pun di atasnya, menciptakan keterbukaan visual yang membuat rumah terlihat dan terasa tidak terlalu berantakan," katanya. 

Selain itu, simpan barang-barang kecil seperti remote, buku catatan, dan pulpen dalam laci. Jika ingin memajang pernak-pernik kecil, perencana profesional menyarankan  mengelompokkan barang-barang tersebut bersama-sama dan mengosongkan yang lain di rak atau meja sehingga fokusnya pada koleksi. 

Baca juga: Punya Hewan Peliharaan? Ini 7 Cara Tepat Membereskan Rumah 

Tidak membersihkan meja dapur

Dapur adalah ruangan tersibuk di rumah sehingga membuat rentan kotor serta berantakan. Untuk menghindari tampilan dapur yang berantakan, cobalah mengelap meja dan menjaga wastafel dari piring kotor.

Goodrich Cleaning mengatakan kekacauan di meja dapur dapat membuat ruangan tampak berantakan. “Apa pun yang tidak seharusnya ada di konter harus disingkirkan,” kata petugas kebersihan profesional.

Tinggalkan hanya peralatan yang digunakan hampir setiap hari, seperti pemanggang roti, pembuat kopi, pisau dan keranjang buah. 

Baca juga: 5 Cara Praktis Merapikan Kamar Tidur Secepat Kilat 

Kabel yang berantakan 

Ilustrasi kabel charger berantakan. SHUTTERSTOCK/OCTAVIAN LAZAR Ilustrasi kabel charger berantakan.
Kabel peralatan elektronik dapat membuat rumah atau ruangan berantakan serta membahayakan keselamatan.

Jika kabel menggantung pada dinding, The Home Depot menyarankan memasang penutup kabel dengan warna yang sama dengan dinding sehingga bisa menyamarkannya. 

Selain itu, dapat menggunakan sistem manajemen kabel untuk menyembunyikan kabel di balik dinding meski beberapa sedikit lebih rumit dan sulit dipasang.  

Baca juga: 10 Kegunaan Hidrogen Peroksida untuk Membersihkan Rumah 

Tidak merapikan ruangan secara rutin

MHM Professional Staging menyarankan memulai hari Anda dengan merapikan tempat tidur, lalu singkirkan pasta gigi, pembersih, riasan, dan produk rambut setelah menggunakannya.

Setelah itu, rapikan ruang tamu dengan menyingkirkan remote, selimut, serta bantal empuk. Selain itu, simpan mainan dan buku setelah selesai digunakan. 

Baca juga: Bisakah Baking Powder Digunakan untuk Membersihkan Rumah? 

Menggantung hiasan di pintu kulkas

Meski tergoda menggantung karya seni, foto, dan daftar belanjaan anak di pintu kulkas, hal itu dapat membuat dapur terlihat berantakan.

Sebaliknya, Goodrich Cleaning menyarankan membuat tempat khusus di sudut dapur untuk memasang papan buletin atau pusat pesan.

“Sematkan semua pengingat, daftar belanja, dan item lainnya di sana untuk membantu penampilan dapur secara keseluruhan," ucap perusahaan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com