Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan Makanan yang Boleh dan Tak Bisa Disimpan di Rak Pintu Kulkas

Kompas.com - 09/11/2022, 22:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang mungkin tidak terlalu memperhatikan tata letak bahan makanan yang disimpan dalam kulkas.

Mereka lebih fokus pada ruang kosong pada setiap rak penyimpanan untuk menaruh bahan makanan alih-alih menyortir bahan makanan yang tepat untuk diletakkan di rak-rak tertentu. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Makanan di Kulkas dengan Bubuk Arang Aktif

Terkadang, jika rak dan laci penyimpanan di kulkas sudah penuh, rak pintu kulkas pun dimanfaatkan untuk menaruh barang-barang.

Namun, sebelum mulai menyimpan makanan di pintu kulkas, sebaiknya memahami dan memastikan suhu dalam kulkas terlebih dulu.

Menurut Department of Agriculture di Amerika Serikat (AS), kulkas harus diatur untuk mempertahankan suhu 4,4 derajat Celsius atau lebih rendah.

Suhu di area rak dan laci penyimpanan di kulkas cenderung konstan, tapi area rak pintu kulkas rentan mengalami fluktuasi karena terkena udara hangat dari luar kulkas.

Selain itu, makanan yang disimpan di rak pintu kulkas memiliki risiko pembusukan lebih tinggi. 

Nah, disadur dari Eating Well, Rabu (9/11/2022), berikut beberapa bahan makanan yang boleh dan tidak boleh disimpan di rak pintu kulkas.

Baca juga: Berapa Lama Menyimpan Daging Giling di Kulkas dan Freezer?

Makanan yang tidak boleh disimpan di rak pintu kulkas

Ilustrasi kulkas.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kulkas.

  • Susu

Rak pintu kulkas terlihat seperti area yang nyaman untuk menyimpan susu, tetapi sebenarnya adalah tempat terburuk karena terpapar temperatur hangat secara konsisten sehingga dapat meningkatkan kemungkinan basi, bahkan bakteri untuk tumbuh.

Dairy Council California di AS menyarankan, susu sebaiknya disimpan di bagian belakang rak penyimpanan kulkas karena suhunya paling dingin.

Baca juga: Ketahui, Bahaya Menaruh Telur di Rak Pintu Kulkas

  • Telur

Beberapa kulkas memiliki rak khusus berbentuk telur di area pintu kulkas. Namun, ini bukan lokasi tepat menyimpan telur. 

Menurut American Egg Board, telur paling baik disimpan di rak bagian dalam karena suhunya lebih konsisten.

Selain itu, menyimpan kulkas di karton aslinya untuk mencegah hilangnya kelembapan dan melindungi telur menyerap bau atau rasa dari makanan lain.

  • Daging mentah

Ilustrasi kulkas, Ilustrasi cara menyimpan keju di kulkasFREEPIK Ilustrasi kulkas, Ilustrasi cara menyimpan keju di kulkas

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com