Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Meletakkan TV di Ruang Tamu Menurut Feng Shui

Kompas.com - 07/11/2022, 11:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Televisi (TV) menjadi peralatan yang sering ada di ruang tamu. Biasanya, TV diletakkan di dinding atau buffet yang menempel ke dinding. 

Namun, dalam feng shui, penempatan di ruang tamu tidak boleh dilakukan sembarangan. Menurut feng shui, Anda harus berusaha menjaga rumah tetap sederhana dan bebas dari kekacauan untuk mempromosikan kehidupan yang harmonis. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Membersihkan TV

Ahli feng shui modern, Dana Claudat, mengatakan televisi adalah energi kacau yang dapat mengganggu kesehatan dan lingkungan, terutama di tempat berkumpul serta istirahat. 

Meski begitu, keseimbangan tetap dapat dicapai dengan penempatan furnitur yang tepat dan desain yang menekankan aliran yang baik ke seluruh rumah.

Dilansir dari House Digest, Senin (7/11/2022), berikut cara tepat meletakkan TV di ruang tamu menurut feng shui. 

Baca juga: 5 Penyebab Warna pada Layar TV LED Berubah atau Tidak Normal

Feng shui ruang tamu

Ilustrasi ruang tamu, ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi televisi, ilustrasi tv, ilustrasi perapian.SHUTTERSTOCK / Breadmaker Ilustrasi ruang tamu, ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi televisi, ilustrasi tv, ilustrasi perapian.
Ruang tamu biasanya diisi dengan beberapa perabot, tetapi sofa dan TV paling menonjol. Menempatkan TV di seberang sofa adalah posisi ideal untuk menonton dan menggabungkan keseimbangan.

Ukuran suatu barang juga mempengaruhi energi suatu ruangan sehingga ukuran TV perlu proporsional dengan ruang dan furnitur lainnya.

Aturan penting lainnya adalah tidak meletakkan TV di depan jendela. Dalam feng shui, hal ini menciptakan kerentanan dan menghilangkan aliran getaran positif. 

Baca juga: 5 Penyebab Warna pada Layar TV LED Berubah atau Tidak Normal

Selain itu, perhatikan kekacauan karena ini dapat menghancurkan chi baik. Jadi, pastikan menemukan cara menjaga ruangan tetap rapi. 

Jika masih tidak yakin di mana harus meletakkan TV di ruang tamu, lihat peta bagua (energi). Alat feng shui ini menggunakan lima elemen dalam feng shui, yakni air, api, kayu, tanah, dan logam, dengan arah mata angin (seperti kompas) sebagai garis besar energi di rumah. 

Bagua memiliki delapan sisi dan sebuah pusat yang masing-masing berhubungan dengan sembilan aspek kehidupan berbeda.

Zodiak Cina menjelaskan bahwa untuk menggunakan peta, mulailah menetapkan pintu depan ke bagian karier bagua. Dari sana, letakkan TV di dinding yang paling masuk akal. 

Baca juga: Cara Memasang Bracket TV LED dengan Tepat dan Aman

Ilustrasi TV di dinding, menempatkan TV di dinding. SHUTTERSTOCK/EARLY SPRING Ilustrasi TV di dinding, menempatkan TV di dinding.
Sementara itu, dilansir dari Homes and Gardens, di ruang tamu, TV harus ditempatkan cukup jauh dari tempat duduk sehingga memenuhi setidaknya 30 persen dari bidang pandang horizontal Anda serta memastikan jaraknya tidak terlalu jauh. 

Di sisi lain, penting tidak duduk terlalu dekat dengan TV. Namun, ada rumus mudah  menemukan ruang ideal antara Anda dan konsol media.

Rasio ideal adalah sekitar 1,5-2,5 kali lebar diagonal layar TV. Misalnya, jika TV berukuran 40 inci, jaraknya harus sekitar satu hingga dua meter dari pandangan Anda.  

Baca juga: 5 Hal yang Dapat Membuat TV LED Cepat Rusak, Hati-hati 

Feng shui TV di ruangan lainnya 

Prinsip feng shui tradisional sama sekali tidak menganjurkan TV berada di kamar tidur yang menjadi tempat istirahat. Namun, kenyataannya setidaknya 64 persen rumah tangga memiliki satu TV di kamar tidur mereka.

Masalahnya adalah TV merupakan alat hiburan dan cenderung mengambil fokus seseorang dari pertukaran energi lain yang lebih positif seperti tidur tanpa gangguan serta interaksi dengan keluarga dan teman.

Untungnya, hal ini dapat diatasi dengan mematikan TV dan menutupinya dengan kain saat tidak digunakan.

Menurut Shore Home Solutions, terlepas dari ruangan, TV harus disembunyikan atau dijauhkan dari pandangan saat tidak digunakan untuk meningkatkan chi atau energi baik menurut feng shui. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com