Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman Herbal Dapat Membasmi Hama pada Tanaman Cabai, Ini Caranya

Kompas.com - 01/11/2022, 17:25 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu keuntungan menanam tanaman cabai adalah menghemat pengeluaran saat belanja bahan-bahan dapur.

Sebab, kamu bisa langsung memetik cabai dari halaman ketika hendak memasak atau mengonsumsinya. Apalagi, cabai-cabai tersebut masih dalam keadaan segar.

Baca juga: Tantangan yang Dihadapi Saat Menanam Tanaman Herbal

Akan tetapi, tanaman cabai terkenal rentan terhadap hama. Beberapa hama tanaman cabai yang perlu diwaspadai mencakup ulat tanah, ulat grayak, lalat buah, dan tungau.

Hama tungau, misalnya, dapat menyebabkan daun tanaman cabai memerah sehingga menggulung ke atas, menebal, dan akhirnya rontok. 

Pemilik Primrose Garden sekaligus penggiat tanaman herbal dan tanaman hias, Yola, menjelaskan, tanaman herbal bisa dijadikan sebagai tanaman pendamping untuk tanaman cabai. 

“Tanaman memang tetap kena hama, bukan karena menanam tanaman herbal, lalu bebas dari hama. Tapi, ada yang namanya companion plant,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (1/11/2022).

Baca juga: Hama dan Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman Cabai, Apa Saja?

Tanaman herbal sebagai tanaman pendamping

Ilustrasi tanaman cabai. WIKIMEDIA COMMONS/VYACHESLAV ARGENBERG Ilustrasi tanaman cabai.

Companion planting atau penanaman pendamping adalah praktik menanam tanaman yang berbeda secara bersamaan untuk saling menguntungkan. 

Ada berbagai macam keuntungan dari menerapkan praktik ini seperti menarik serangga penyerbuk yang bermanfaat, mencegah hama, dan bertindak sebagai penolak serangga.

Yola mengatakan, untuk tanaman cabai yang rentan terkena hama, misalnya, bisa diakali dengan menanam tanaman herbal di sekitarnya.

Baca juga: Alasan Metode Menanam Permakultur Cenderung Tidak Rentan Hama

 

Tanaman cabai sangat rentan kena hama. Kita bisa mengakalinya dengan menanam tanaman basil atau yang berbau menyengat di sekeliling cabai,” ujarnya. 

Adapun metode ini diharapkan dapat mengecoh hama yang hendak menyerang tanaman cabai agar mmenghampiri tanaman herbal.

Meski begitu, imbuh Yola, kamu tidak bisa hanya mengandalkan tanaman herbal. Kamu tetap harus rutin menyemprotkan pestisida.

Baca juga: 6 Cara Menanam Tanaman Herbal di Dalam Ruangan 

“Untuk pencegahan hama sendiri, tetap harus rutin menyemprotkan pestisida alami dari bikin sendiri, kayak cairan sabun cuci piring dengan bawang putih, cairan neem oil, atau disemprot dengan air tembakau,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com