Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2022, 18:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Pet Keen

JAKARTA, KOMPAS.com – Anjing kerap dianggap sebagai sahabat manusia karena dapat dengan mudah menjalin ikatan persahabatan dengan pemiliknya.

Namun, ada beberapa anjing yang dapat menyerang manusia jika tidak disosialisasikan dan dirawat dengan baik. Bahkan, anjing kecil seperti Chihuahua dapat menyerang manusia jika merasa terancam.

Baca juga: Ragam Perbedaan Anjing Tibetan Mastiff dan English Mastiff

Dilansir dari Pet Keen, Senin (31/10/2022), ada beberapa ras anjing yang dikategorikan sebagai ras anjing paling berbahaya.

Namun, perlu dicatat, ras anjing kecil dengan berat di bawah sembilan kilogram (kg) tidak dianggap berbahaya. Terlepas dari seberapa agresif, anjing kecil terlalu minim untuk memberikan kerusakan signifikan. Akan tetapi, tidak semua anjing besar pun dianggap berbahaya.

Temperamen ras anjing bukan yang menentukan apakah mereka berbahaya atau tidak. Sebab, temperamen ditentukan tujuan anjing dibiakkan.

Tak mengejutkan bahwa ras anjing paling berbahaya sebagian besar terdiri atas anjing petarung dan penjaga. Sebab, sifat-sifat seperti agresi dan ketahanan sangat disukai ketika merancang ras anjing ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum ras anjing paling berbahaya di dunia

Baca juga: 6 Fakta Menarik Anjing Papillon, Bentuk Telinga seperti Kupu-kupu

American pit bull terrier

Ilustrasi anjing Pitbull atau American Pit Bull Terrier. PIXABAY/SUSANNE906 Ilustrasi anjing Pitbull atau American Pit Bull Terrier.
Para pemilik American pit bull terrier yang bertanggung jawab akan mengatakan bahwa anggapan pit bull termasuk ras anjing paling berbahaya adalah kesalahan. Sebab, sosialisasi tepat dapat membentuk anjing pit bull menjadi sahabat bulu berjiwa lembut. 

Pit bull dianggap sebgai ras anjing paling berbahaya karena beragam alasan. Mereka bisa menimbulkan ancaman besar bagi orang-orang di sekitarnya lantaran banyak yang dibiakkan untuk sabung anjing.

Jadi, sifat-sifat seperti agresi sangat diturunkan dalam darah ras ini. Bahkan pit bull memiliki gigitan paling mematikan dari semua anjing.

Mereka akan menahan, menggerakkan gigitan dengan ganas, dan menolak umelepasnya. Inilah mengapa sebagian besar serangan pit bull berujung pada cedera yang mengerikan, bahkan kematian

Baca juga: 3 Perbedaan American Pit Bull Terrier dengan Dogo Argentino

Rottweiler

Rottweiler terkenal akan serangan agresifnya yang ekstrem. Meski begitu, anjing dengan reputasi menakutkan ini sangat tenang dan jinak di sekitar keluarga mereka.

Sifatnya yang ganas hanya muncul ketika ada seseorang yang tidak dikenal berada di sekitarnya atau  pemiliknya. Perilaku ini masuk akal lantaran Rottweiler dibiakkan sebagai anjing penjaga.

Dogo argentino

Ilustrasi anjing Dogo Argentino.SHUTTERSTOCK / Grisha Bruev Ilustrasi anjing Dogo Argentino.
Dogo Argetino, yang juga disebut Argentinian Mastiff, adalah anjing yang dianggap sangat berbahaya sehingga dilarang di beberapa negara, termasuk Inggris. 

Dahulu, Dogo argention dibiakkan untuk berburu hewan besar dan menjaga keluarganya. Jadi, mereka memiliki sifat-sifat seperti agresivitas dan kekuatan tidak terkendali. Untuk itu, sosialisasi lebih awal sangat dianjurkan.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Anjing Dogo Argentino, Dilarang di Beberapa Negara

Halaman:
Sumber Pet Keen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com