Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Warna Cat yang Dapat Memberikan Motivasi pada Ruangan

Kompas.com - 24/10/2022, 21:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengganti warna cat pada ruangan dapat memberikan semangat dan menghidupkan kembali ruang. 

Di ruangan yang sering digunakan seperti berolahraga, berkumpul, dan berkreasi, penting menggunakan warna cat yang memotivasi serta menginspirasi. 

Baca juga: 6 Warna Cat Terbaik untuk Setiap Ruangan di Rumah Menurut Ahli

Untuk membuat ruangan terasa lebih berenergi, sebaiknya memilih warna atau nada hangat. Menurut pakar cat di Benjamin Moore, warna-warna dingin membuat ruangan terasa lembut dan santai. 

Namun, warna-warna hangat melakukan kebalikannya dengan menghasilkan aksi serta menanamkan rasa positif.

Secara umum, warna cerah akan lebih memotivasi daripada warna halus dengan warna yang sama. Dilansir dari House Digest, Senin (24/10/2022), berikut beberapa warna yang dapat memberikan motivasi di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Membuat Ruangan Terlihat Lebih Luas

Merah dan oranye untuk energi

Ilustrasi ruang tamu dengan warna cat dinding oranye.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi ruang tamu dengan warna cat dinding oranye.
Sebuah studi pada 2005 yang diterbitkan di Nature menunjukkan bahwa merah meningkatkan kinerja manusia dalam olahraga dan kontes.

Jika Anda membutuhkan lebih banyak kepercayaan diri saat memimpin orang lain, pertimbangkan menambahkan warna merah di ruang kerja di rumah. 

Merah juga merupakan warna bagus untuk digunakan di ruangan yang membutuhkan dorongan energi fisik seperti tempat gym.

Menurut Color Psychology, merah dapat dikaitkan dengan agresi, dominasi, dan bahaya. Untuk menjaganya tetap lembut, pilih merah yang lebih dalam seperti merah anggur.  

Baca juga: 9 Kombinasi Warna Cat yang Cocok Diaplikasikan di Dapur Kecil

Oranye bukan warna yang biasa digunakan dalam desain interior, tetapi merupakan warn asempurna untuk ruangan dengan banyak energi sosial.

Dalam psikologi warna, oranye menumbuhkan kreativitas, keramahan, dan kebahagiaan. Menggunakan oranye pada dinding dapat meningkatkan komunikasi di ruang tamu dan  memberi dorongan kreativitas di dapur.

Oranye umumnya merupakan warna sangat positif, tetapi berhati-hatilah karena dinding oranye yang terang dan intens mungkin terlihat mencolok bagi sebagian orang.

Nuansa lembut seperti terracotta, peach, dan burnt sienna adalah beberapa pilihan yang lebih enak dan masih menawarkan efek serupa. 

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan, Apa Saja?

Biru dan hijau untuk penyemangat

Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna biru. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna biru.
Sebuah studi pada 2007 di PLoS ONE menunjukkan bahwa cahaya biru mengarah ke tingkat kewaspadaan lebih tinggi dan fokus dibanding warna lain. 

Selain itu, biru adalah warna cat bagus untuk digunakan di ruangan tempat Anda bekerja seperti ruanga kerja dan perpustakaan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com