Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Marketplace untuk Pencinta Ikan Hias Air Tawar di Indonesia

Kompas.com - 11/10/2022, 10:39 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 membuat masyarakat mulai mencari sesuatu yang baru untuk dilakukan selama bekerja dan bersekolah dari rumah.

Bahkan, beberapa orang semakin menggeluti hobinya lantaran waktu yang diperlukan untuk melakukan perjalanan ke kantor atau sekolah dialihkan untuk melakukan hobi tersebut.

Baca juga: Siap-siap, Segera Ada Pameran Ikan Hias Air Tawar di JIExpo Kemayoran

Sebagai contoh, pencinta ikan hias air tawar yang memiliki lebih banyak waktu luang mungkin semakin giat dalam mengoleksi dan membudidaya ikan hias. Walhasil, bisnis rumahan pun terjadi.

Namun, terkadang ada beberapa peralatan penunjang ikan hias yang kurang atau perlu diperbarui. Orang-orang pun perlu keluar rumah dan membelinya di toko terdekat.

Ilustrasi ikan mas, ikan mas koki. PEXELS/RHEYAN GLENN DELA CRUZ Ilustrasi ikan mas, ikan mas koki.

Apabila cukup enggan untuk keluar rumah lantaran masih khawatir akan Covid-19, kamu dapat memanfaatkan Kalikan.

“Pada dasarnya, Kalikan adalah sebuah ekosistem yang akan mencoba menjahit dan menjembatani seluruh kebutuhan ikan hias masyarakat dan pemerintah,” kata COO Kalikan, Ardani Yusuf Prawira, dalam konferensi pers Kalikan Expo di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Senin (10/10/2022).

Baca juga: Ternyata, Indonesia Masuk 5 Besar Negara Eksportir Ikan Hias Dunia

Kalikan adalah digital marketplace yang dikembangkan untuk menumbuhkan ekosistem digital bagi para UMKM ikan hias air tawar. Mereka berfokus pada bidang pemasaran dan jual beli ikan hias air tawar.

Saat ini, tutur Ardani, ada empat bagian tentang ekosistem yang sedang dibangun, salah satunya adalah Kalikan Marketplace.

Ia menjelaskan, pihaknya berkomunikasi dengan beberapa UMKM terkait deretan pengkategorian yang dibutuhkan guna memudahkan masyarakat mengakses apa pun yang dibutuhkan terkait ikan hias.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com