Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Pembersih Rumah Harus Dibersihkan Sebelum dan Setelah Dipakai, Kenapa?

Kompas.com - 06/10/2022, 09:29 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat hendak menggunakan peralatan pembersih rumah, beberapa orang mungkin akan langsung mengambil, menggunakan, dan menaruhnya.

Ketika baru membeli peralatan pembersih baru, mereka pun akan langsung menggunakannya alih-alih mencucinya terelbih dulu untuk mengetes kinerjanya.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Peralatan Pembersih Rumah

Padahal, ujar Regional Export Manager Vikan, Alasdair Scott, ada beberapa pertimbangan saat menggunakan peralatan pembersih rumah, salah satunya terkait pembersihan alat.

Peralatan pembersih bisa menjadi sumber dan penyebaran kontaminasi,” tuturnya dalam Expo Clean & Expo Laundry 2022 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Pembersihan sebelum digunakan

Ilustrasi produk pembersih rumah. FREEPIK/RACOOL_STUDIO Ilustrasi produk pembersih rumah.

Scott mengungkapkan, sebagian besar peralatan pembersih tidak didekontaminasi terlebih dulu sebelum dijual kepada masyarakat.

Oleh karena itu, terlepas dari kondisi peralatan pembersih yang dikemas dengan baik, ia menyarankan agar masyarakat tetap membersihkan alat sebelum digunakan.

Baca juga: Hemat Waktu, Taruh 5 Peralatan Pembersih Ini di Bawah Wastafel Dapur

“Peralatan pembersih bisa terkontaminasi oleh mikroorganisme, residu bahan kimia termasuk alergen, dan benda asing. Semua alat harus dibersihkan dulu sebelum digunakan,” tegas Scott.

Perlu dicatat, pembersihan dalam hal ini bukan berarti kamu harus selalu membersihkan peralatan pembersih sebelum digunakan.

Namun, pembersihan hanya dilakukan setelah kamu membeli peralatan pembersih untuk pertama kali. Ini untuk mencegah kontaminan apa pun dari luar rumah mengotori hunian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com