Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Ini 4 Tips Mengecat Dinding Saat Musim Hujan

Kompas.com - 29/09/2022, 16:09 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Cuaca, terutama musim hujan, menjadi salah satu tantangan cukup sulit dan mengganggu ketika mengecat rumah.

Terlebih, ada anggapan bahwa mengecat rumah meski dinding interior, sebaiknya tidak dilakukan saat musim hujan. Sebab, cat akan luntur lantaran terkena cipratan air hujan, khususnya pada area di sekitar dinding dan pintu menuju keluar rumah.

Baca juga: 4 Penyebab Cat Dinding Menggelembung dan Cara Mengatasinya

Selain itu, cat akan sulit menempel pada dinding karena udara yang lembap. Namun, benarkah mengecat rumah sebaiknya benar-benar dihindari saat musim hujan?

Dilansir dari Island Paints, Kamis (29/9/2022), mengecat dinding tetap bisa dilakukan meski sedang hujan. Hanya saja, hindari area yang selalu terkena air hujan karena membuang uang dan waktu.

Ketika permukaan dinding basah, cairan mencegah cat untuk benar-benar merekat pada permukaan. Walhasil, dapat menyebabkan cat retak dan mengelupas saat kering. 

Baca juga: 4 Warna Cat Dinding yang Tidak Direkomendasikan Desainer Interior

Bagaimana dengan mengecat dinding interior?

Ilustrasi mengecat dinding rumah. SHUTTERSTOCK/GORODENKOFF Ilustrasi mengecat dinding rumah.

Mengecat dinding interior tetap bisa dilakukan selama musim hujan, asalkan area dinding bebas dari air apa pun, termasuk cipratan air hujan. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil akhir cat tidak mudah retak dan mengelupas seperti suhu ruangan, keadaan permukaan dinding, dan waktu pengeringan cat. 

Nah, untuk membuat hasil cat menempel sempurna, disadur dari Inspirations Paint, berikut tips mengecat dinding saat musim hujan. 

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mengecat Dinding dengan Warna Hitam 

Rencanakan proyek pengecatan

Perencanaan dapat membantu proses pengecatan dinding berjalan lebih lancar. Jangan memulai proyek terlalu pagi atau sore untuk memastikan pengecatan dilakukan dalam kondisi optimal saat musim hujan.

Perlu dicatat, waktu siang hari lebih sedikit saat musim hujan. Jadi, antisipasikan proyek pengecatan akan memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan. 

Baca juga: Mengecat Dinding atau Trim Rumah, Mana yang lebih Dulu Dilakukan? 

Perhatikan suhu ruangan

Ilustrasi mengecat pintu. SHUTTERSTOCK/SOFIA IARTSEVA Ilustrasi mengecat pintu.

Biasanya, suhu minimum yang diperlukan untuk mengecat dinding adalah 10 derajat Celsius. Namun, periksa kaleng cat untuk mengetahui suhu yang dibutuhkan karena setiap merek mungkin berbeda.

Perhatikan suhu permukaan dinding

Suhu permukaan dinding yang hendak dicat akan lebih dingin daripada suhu ruangan. Jadi, pastikan suhu ruangan lebih tinggi daripada suhu minimum agar permukaan dinding tidak terlalu dingin. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengecat Dinding Rumah 

Antisipasi waktu pengeringan yang lama

Kesabaran adalah kunci menyelesaikan proyek pengecatan selama musim hujan. Sebab, cat akan mengering jauh lebih lambat. Artinya, proses pelapisan ulang pun akan lebih lama.

Kamu bisa mempercepat waktu pengeringan dengan membuka pintu dan jendela jika hujan belum tiba. Ini juga bermanfaat meningkatkan aliran udara dan ventilasi di ruangan yang tengah dicat.

Alternatif yang bisa dilakukan, terutama jika di luar sedang hujan, adalah menyalakan kipas angin untuk menciptakan sirkulasi udara guna membantu cat mengering cepat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com