Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Aman Berlibur dengan Hewan Peliharaan Menurut Dokter Hewan

Kompas.com - 29/09/2022, 13:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski waktu liburan masih lama, tak ada salahnya mempersiapkannya jauh-jauh hari. Atau Anda telah berencana liburan dalam waktu dekat ini.

Pasalnya, merencanakan perjalanan bisa membuat stres, terlebih bila mengikutsertakan hewan peliharaan. Selain mempersiapkan kebutuhan sahabat bulu, ada sejumlah daftar hal-hal baru yang perlu dikhawatirkan saat membawa hewan peliharaan ke dalam rencana. 

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Mengajak Anjing Peliharaan Bepergian

Mulai dari, mengemas peralatan yang tepat, memeriksa kebijakan hotel atau tempat wisata tujuan, hingga memastikan hewan peliharaan memenuhi kriteria perjalanan untuk tempat yang hendak dikunjungi.

Dengan berbagai persiapan itu dan mengetahui langkah-langkah yang diambil, bepergian dengan hewan peliharaan bisa menjadi hal menyenangkan serta terasa mudah.

Dirangkum dari Mental Floss, Kamis (29/9/2022), Danielle Bernal, dokter hewan dari Wellness Natural Pet Food, membagikan sejumlah tips berlibur dengan hewan peliharaan

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Mengajak Kucing Bepergian dengan Mobil

Jaga hewan peliharaan tetap nyaman dalam kandang perjalanan

Ilustrasi anjing, kotak penyimpanan anjing selama perjalananSHUTTERSTOCK/Dorottya Mathe Ilustrasi anjing, kotak penyimpanan anjing selama perjalanan
Anda mungkin tergoda memberi hewan peliharaan banyak ruang dalam perjalanan panjang dengan mobil.

Namun, memberi sahabat bulu ruang terbatas yang menjadi milik mereka pribadi biasanya merupakan pilihan yang lebih baik.

Menurut Bernal, sering kali anjing merasa lebih baik berada di ruang terbatas selama perjalanan. Melatihnya dalam kandang adalah area keamanan mereka. 

"Seekor hewan jauh lebih baik dalam kandang daripada bergerak tanpa tali di kursi belakang mobil," ucapnya. 

Baca juga: 5 Tips Aman Mengajak Anjing Peliharaan Bepergian dengan Pesawat 

Jangan mengisi kandang dengan banyak mainan 

Selanjutnya, tips berlibur dengan hewan peliharaan adalah hindari mengisi kandang dengan banyak mainan. Memberi hewan peliharaan banyak mainan untuk dimainkan di rumah adalah hal baik, tetapi tidak dengan perjalanan panjang dengan mobil.

Memberikan mainan ke kandang hewan bisa membuat sahabat bulu sulit bergerak dan menyesuaikan posisinya. Apalagi, mengingat kandang hewan mempunyai ruang terbatas. “Sedikit lebih baik untuk kenyamanan hewan peliharaan." 

Baca juga: Ingin Titip Hewan Peliharaan Selama Mudik? Ini Syarat dan Fasilitasnya

Pastikan memiliki semua dokumen yang benar 

Ilustrasi anjing; ilustrasi mengajak anjing peliharaan bepergian dengan pesawatSHUTTERSTOCK/Javier Brosch Ilustrasi anjing; ilustrasi mengajak anjing peliharaan bepergian dengan pesawat
Seperti dijelaskan sebelumnya, saat merencanakan perjalanan panjang dengan hewan peliharaan, Anda perlu menyiapkan dokumen tepat untuk bisa bepergian jauh.

Banyak tempat mengharuskan hewan peliharaan yang masuk memiliki sertifikat kesehatan terkini yang ditandatangani dokter hewan terakreditasi.

Sebelum menandatangani dokumen, dokter hewan akan memastikan bahwa hewan peliharaan Anda dalam kondisi sehat dan melengkapi semua vaksinasi yang diperlukan oleh negara yang dikunjungi.

Jika Anda bepergian dengan pesawat, hubungi pihak maskapai penerbangan untuk mengetahui apakah ada dokumen khusus lainnya yang diperlukan untuk mengangkut hewan peliharaan.  

Baca juga: Tips Membawa Kucing Bepergian Agar Merasa Nyaman 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com