Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Mengadopsi Anjing dari Tempat Penampungan

Kompas.com - 26/09/2022, 15:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara atau mengadopsi anjing sebetulnya tidak memerlukan biaya mahal, bahkan tanpa biaya sama sekali. 

Pasalnya, ada banyak anjing di tempat penampungan yang menunggu mendapatkan rumah selamanya alias diadopsi sehingga tidak perlu membelinya dari peternak. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengadopsi Anjing

Tentu saja, kondisi kesehatan anjing-anjing di penampungan dalam keadaan sehat. Selain itu, mengadosi anjing dari tempat penampungan memberikan manfaat untuk sahabat bulu serta menyelamatkan anjing dari penyiksaan. 

Dilansir dari Mental Floss, Senin (26/9/2022), berikut lima manfaat mengadopsi anjing dari tempat penampungan.

Tidak mendukung pabrik anak anjing 

Ilustrasi anjing American Foxhound.SHUTTERSTOCK / Olga Aniven Ilustrasi anjing American Foxhound.
Mengadopsi anjing dari toko hewan peliharaan atau peternak bereputasi buruk kemungkinan besar sahabat bulu berasal dari pabrik anak anjing. Tempat itu memelihara anjing dalam kondisi mengerikan.

Dengan mengadopsi anjing dari tempat penampungan, Anda membantu mengurangi permintaan anak anjing dari pabrik tersebut.  

Baca juga: Catat, 10 Hal Ini Perlu Dilakukan Pemilik Setelah Mengadopsi Anjing

Menemukan hampir semua ras anjing 

Selanjutnya, manfaat mengadopsi anjing dari tempat penampungan adalah mendapatkan berbagai ras.

Anjing-anjing dari tempat penampungan terdiri atas banyak ras, dari ras anjing kecil seperti Shih tzu, anjing besar, anjing penjaga seperti Doberman, hingga anjing pekerja seperti Rottweiler.

Dengan sedikit usaha, Anda bisa mendapatkan ras anjing impian Anda tanpa harus membeli dari pabrik anak anjing dan merogoh kocek dalam.

Sudah dimandulkan atau dikebiri

Lebih dari setengah negara bagian memiliki undang-undang yang mewajibkan tempat penampungan hewan untuk memandulkan atau mensterilkan anjing yang mereka tampung.

Meski hewan peliharaan tampak kurang terurus, sering kali anjing-anjing di tempat penampungan sudah dimandulkan atau dikebiri sehingga aman untuk diadaposi siapa pun.

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Mirip Shih Tzu, Penampilannya Menggemaskan

Anjing-anjing penampungan dapat dilatih

Ilustrasi anjing Dachshund. PIXABAY/congerdesign Ilustrasi anjing Dachshund.
Sebuah studi pada 2016 yang dimuat dalam Journal of Veterinary Behavior: Clinical Applications and Research menganalisis pemecahan masalah pada anjing di rumah (apa yang mereka sebut "anjing peliharaan") versus anjing penampungan.

Para peneliti menemukan, meski anjing peliharaan lebih baik dalam mengikuti petunjuk manusia, anjing penampungan tampaknya lebih didorong secara sosial untuk menatap dan berinteraksi dengan manusia.

Namun, para peneliti juga menunjukkan bahwa dengan meningkatnya hubungan manusia, anjing-anjing penampungan dapat dilatih.  

Baca juga: 5 Penyebab Anjing Rottweiler Kurus, Apa Saja?

Sikap anjing penampungan bisa berubah

Terakhir, manfaat mengadopsi anjing dari tempat penampungan adalah sikap sahabat bulu bisa berubah, dari awalnya agresif menjadi tenang serta menyenangkan.

Semua orang tahu betapa sedihnya seekor anjing yang berada di tempat penampungan. Namun, begitu diadopsi, sikap anjing bisa berubah secara dramatis.

Pada 2008, peneliti Italia menerbitkan sebuah makalah tentang anjing penampungan bernama Daisy yang mereka tempatkan di fasilitas untuk orang yang menderita penyakit Alzheimer.

Baca juga: Studi Ungkap Memelihara Anjing Dapat Meningkatkan Keamanan Lingkungan 

Meski di tempat penampungan telah melakukan perawatan sedemikian rupa, Daisy mengalami lesi kulit. Namun, selama enam bulan tinggal di fasilitas tersebut, lesi tersebu berkurang serta tidak menunjukkan perilaku agresif atau seksual.

Selain itu, para peneliti melaporkan bahwa orang-orang di fasilitas itu mengalami banyak efek positif dari kehadiran Daisy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com