Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membuat Kamar Mandi Terasa Nyaman dan Cerah

Kompas.com - 22/09/2022, 12:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang mungkin akan melakukan dekorasi ulang, mengubah tata letak perabot, atau merenovasi besar-besaran untuk membuat kamar mandi terasa nyaman.

Akan tetapi, cara membuat kamar mandi menjadi nyaman sebenarnya tidak perlu melalui upaya sebesar itu, bahkan mengeluarkan banyak uang.

Baca juga: Prediksi Tren Interior di Indonesia pada 2023

Desainer interior Roland Adam mengungkapkan, rajin membersihkan kamar mandi beserta barang-barang di dalamnya dapat membuat ruangan terasa nyaman.

Kamar mandi biasanya jarang di-touch up seperti ruang tamu atau kamar tidur. Padahal, banyak yang bisa dilakukan di kamar mandi agar suasanya beda dan terasa lebih segar,” ujarnya dalam media gathering bersama TACO Group di Mal Senayan City, Jakarta, baru-baru ini. 

Roland, yang juga merupakan salah satu anggta ID12 yang mencakup 12 desainer interior terbaik Indonesia, menuturkan hal sesimpel mengganti handuk, keset, dan keset di area kloset pun mempengaruhi nuansa kamar mandi.

Baca juga: 4 Permukaan Kamar Mandi yang Sering Disentuh dan Cara Membersihkannya

Ilustrasi kamar mandi dengan warna abu-abu. Shutterstock/Peshkova Ilustrasi kamar mandi dengan warna abu-abu.
Namun, untuk menciptakan perbedaan besar, menjaga perlengkapan kamar mandi agar tetap bersih juga bisa dikombinasikan dengan pencahayaan tepat.

“Jangan lupa, kamar mandi perlu pencahayaan selain neon saja. Itu, kalau kita masuk ke kamar mandi, (ruangan) menjadi datar. Kombinasi pencahayaan sama ganti handuk saja sudah bikin perbedaan besar,” katanya.

Supaya kamar mandi terasa lebih nyaman, jangan lupa melakukan penggosokan secara rutin untuk menjaga semua permukaan bebas kuman.

"Kebersihan adalah salah satu faktor penting dalam desain interior," ucap Roland. 

Baca juga: 3 Warna Kamar Mandi yang Menciptakan Nuansa Santai

Tampilan yang lebih menarik

Ilustrasi kamar mandi yang diisi dengan tanaman hias. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar mandi yang diisi dengan tanaman hias.

Jika kamar mandi sudah terasa nyaman, kamu bisa menambahkan sesuatu yang baru untuk meningkatkan tampilannya.

Menurut Roland, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan lapisan PVC seperti PVC Sheet dari TACO.

Adapun PVC Sheet adalah pelapis permukaan yang memiliki beragam motif dan warna. Mereka bisa ditempel di lantai, dinding, bahkan plafon.

Penggunaannya pun tidak harus di ruangan kering seperti ruang tamu, kamar tidur, atau ruang bersantai.

Baca juga: 5 Bahan Ramah Lingkungan Teratas untuk Kamar Mandi

Roland, misalnya, menggunakannya sebagai pelapis permukaan di instalasi kamar mandinya. Itu ditampilkannya dalam pameran interior The Colours of Indonesia (TCOI) yang hadir di mal Senayan City pada 19-30 September 2022.

“Walau TACO Sheet tahan air, tapi kalau diguyur enggak boleh karena bukan ubin. Saya rasa untuk mempercantik kamar mandi, bisa digunakan di daerah kering. Walau kena cipratan air, itu masih oke,” pungkas Roland.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com