Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

World Clean Up Day, Sampoerna Bersih-bersih Lingkungan dan Tanam Mangrove

Kompas.com - 20/09/2022, 22:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggal 17 September diperingati sebagai hari pembersihan lingkungan dunia atau World Clean Up Day. Hari tersebut diperingati PT HM Sampoerna Tbk dengan kegiatan pembersihan lingkungan dan penanaman mangrove.

Sampoerna bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat Sea Soldier, melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan serta penanaman bibit mangrove secara serentak di dua lokasi, yaitu Taman Wisata Alam Mangrove, Pantai Indah Kapuk, Jakarta dan Wisata Mangrove Conservation Center, Wonorejo, Surabaya, Sabtu (17/9/2022) lalu.

Ratusan karyawan Sampoerna di kedua kota tersebut secara langsung berpartisipasi membersihkan lingkungan sekitar serta menanam mangrove atau tanaman bakau.

Baca juga: Penanaman Pohon di Perumahan Mitra BTN, Lawan Kejahatan Lingkungan

Ilustrasi tanaman mangrovecanva.com Ilustrasi tanaman mangrove

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 900 bibit mangrove ditanam di kedua lokasi. Para peserta juga berhasil mengumpulkan 431 kg sampah non-organik yang diambil dari sekitar taman wisata di kedua kota.

Presiden Direktur Sampoerna Vassilis Gkatzelis mengatakan kegiatan bersih-bersih lingkungan serta penanaman bibit mangrove sejalan dengan kampanye #SayaAjaBisa yang telah digaungkan Sampoerna sejak tahun 2019.

Kampanye ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai keberlangsungan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya, termasuk puntung rokok.

“Dalam melestarikan lingkungan, Sampoerna berkomitmen untuk mengurangi dan mendaur ulang limbah dari kegiatan operasi kami, termasuk limbah pasca konsumsi. Komitmen tersebut direalisasikan melalui berbagai kegiatan, seperti kampanye edukasi mengenai kebiasaan untuk membuang sampah pada tempatnya," ujar Gkatzelis dalam siaran pers, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Hari Bumi, Modena Ajak Masyarakat Mengolah Limbah Tekstil

Ia juga menyampaikan, kampanye ini merupakan bagian dari program keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com