Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Nat Kamar Mandi dan Dapur dengan Pasta Gigi

Kompas.com - 20/09/2022, 20:22 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain membersihkan gigi, ternyata pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan rumah, salah satunya nat dinding kamar mandi atau dapur.

Pasta gigi dapat bekerja baik pada nat yang kusam dan mengangkat noda yang mengakar dari nat kamar mandi atau dapur sehingga membuat tampilannya kembali baru. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Goresan di Pintu Oven, Bisa Pakai Pasta Gigi

Dilansir dari The Express.co.uk, Selasa (20/9/2022), untuk melakukannya, Anda perlu menyiapakan sikat gigi bekas dan pasta gigi putih klasik. Hindari menggunakan pasta gigi gel.

Mulailah merendam sikat gigi bekas di bawah air hangat dan letakkan sedikit pasta gigi ke bulu sikatnya. Selanjutnya, gosok perlahan ke nat kamar mandi dan dapur. 

Lakukan gerakan melingkar untuk mengangkat kotoran serta noda yang tertinggal. Setelahnya, lap dengan kain bersih dan lembap untuk menghilangkan sisa pasta.

Selain dapat membersihkan nat, pasta gigi juga bisa memberikan aroma mint yang menyegarkan selama berjam-jam setelahnya.

Ini membuatnya sangat berguna untuk menargetkan ubin dapur yang banyak terkena minyak serta menyimpan bakteri di celah-celah antara ubin.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Furnitur Kayu, Pakai Pasta Gigi hingga Mayones 

Gunakan lebih banyak pasta gigi untuk nat bernoda

Ilustrasi nat kamar mandi, Ilustrasi membersihkan nat kamar mandi.Shutterstock/Rozhnovskaya Tanya Ilustrasi nat kamar mandi, Ilustrasi membersihkan nat kamar mandi.
Jika nat membutuhkan pembersihan mendalam, oleskan pasta gigi lebih banyak pada permukaan nat. Lapisi di celah di antara ubin dan biarkan selama satu jam atau lebih.

Pasta gigi akan mengeras seiring waktu, tetapi ini dapat dengan mudah dihilangkan dengan larutan perasan air lemon.

Peras sedikit lemon dan masukkan ke mangkuk berisi air hangat, kemudian gunakan kain bersih untuk menggosok bekas pasta gigi yang telah mengeras. Bersihkan bekas pasta gigi di permukaan nat yang masih tersisa. 

Untuk pembersihan ekstra dalam, mulailah dengan menggosok nat ubin dapur, baik lantau maupun dinding, dengan pasta gigi putih. Bersihkan dengan air sabun dan keringkan sebelum menyeka sekali lagi dengan larutan minyak essensial.

Tuangkan beberapa tetes minyak esensial peppermint pada kain dan gosok perlahan ke dalam nat untuk menghilangkan bau serta menyegarkan dapur. 

Baca juga: 8 Manfaat Pasta Gigi untuk Membersihkan Noda Membandel 

Mengapa pasta gigi sangat baik untuk membersihkan?

Pasta gigi bekerja sangat baik untuk membersihkan permukaan kasar seperti nat karena konsistensinya yang kental. Banyak produk pasta gigi menggunakan bahan kasar untuk mendapatkan tekstur abrasif ringan.

Baking soda, karbamid peroksida, dan hidrogen peroksida biasanya digunakan dalam produk pasta gigi.

Selain itu, ada silika yang dikenal sebagai zat pemutih. Silika bekerja baik untuk menggosok permukaan gigi, sementara peroksida memutihkan permukaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com