Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Muamalat Bangun Rumah Daur Ulang untuk Korban Gempa Pasaman

Kompas.com - 15/09/2022, 15:34 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk bersama dengan Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) dan sejumlah mitra donor memberikan bantuan kepada para penyintas gempa di Pasaman, Sumatera Barat.

Bantuan tersebut dalam wujud pelaksanaan program pembangunan rumah daur ulang atau recycle house yang diberi nama “Rumah Bangkik Basamo”. 

Baca juga: 5 Penyebab Rumah Sering Berdebu dan Cara Meminimalisirnya 

Rumah daur ulang merupakan program unggulan BMM berupa pembangunan kembali rumah warga pascabencana dengan memanfaatkan puing-puing rumah yang rusak sebagai material bangunan serta menjadikannya sebagai rumah ramah gempa.

Operasi Bank Muamalat sekaligus pembina yayasan BMM Awaldi mengatakan program pembangunan rumah daur ulang ini adalah bentuk tanggung jawab sosial dari Bank Muamalat dan BMM atas kondisi warga yang masih kesulitan membangun kembali rumah tinggalnya.

Warga masih bertahan di hunian darurat seperti tenda hingga enam bulan pascagempa bumi melanda.  

Baca juga: 3 Area Penting di Rumah Menurut Feng Shui, Pengaruhi Keberuntungan

Dalam kesusahan itu, warga menunjukkan semangat untuk bangkit membangun kembali rumah agar bisa kembali berkumpul bersama keluarga dan tinggal dengan nyaman.

"Jika rumah sudah jadi, ekonomi segera pulih karena kepala keluarga merasa aman meninggalkan anak istri untuk bekerja. Berangkat dari spirit kebangkitan dan kemandirian ini,  kita sebut sebagai Rumah Bangkik Basamo," ucapnya dalam siaran persnya, Kamis (15/9/2022). 

Baca juga: 3 Area Penting di Rumah Menurut Feng Shui, Pengaruhi Keberuntungan

Diberikan pada 65 rumah

Awaldi menambahkan, program ini akan diberikan kepada dua jorong (setingkat di bawah desa) di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, dengan total 65 rumah.

Masing-masing jorong Timbo Abu sebanyak 35 rumah dan jorong Pasar Lamo sebanyak 30 rumah.

Direktur Eksekutif Laznas BMM Novi Wardi menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bank Muamalat dan berbagai mitra donor lainnya yang telah mendukung serta menyukseskan program recovery pascagempa ini. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk Rumah Minimalis

“Kami juga masih terus mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk memberikan donasinya guna mendukung program ini agar saudara-saudara kita di Pasaman dapat kembali bangkit," ujarnya. 

Program Rumah Bangkik Basamo ini adalah program gotong royong berbagai pihak, termasuk para warga penyintas gempa yang setiap hari bergotong royong untuk membangun kembali tempat tinggal mereka. 

Selain di Sumatera Barat, BMM telah membangun 680 unit rumah daur ulang bagi warga terkena bencana di sejumlah wilayah di Indonesia, di antaranya Lombok, Donggala, Ambon, hingga Mamuju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com