Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengecat Kamar Mandi agar Hasilnya Maksimal

Kompas.com - 15/09/2022, 10:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi bisa menjadi ruangan yang membuat seseorang sangat santai di rumah.

Bagi sebagian orang, berendam di bak mandi atau mandi air panas dalam waktu lama bisa menjadi hal yang Anda butuhkan setelah hari yang panjang, dan ini adalah cara terbaik untuk bersantai. Namun, sama seperti ruangan di rumah Anda, kamar mandi perlu didekorasi ulang dan diperbaiki agar tetap terlihat bersih, modern, dan segar.

Dari semua ruangan di rumah, area ini mungkin paling membutuhkan persiapan dan perawatan. Kamar mandi lembap dan rentan terhadap jamur, jadi pastikan Anda siap dan memiliki semua yang Anda butuhkan sangat penting.

Baca juga: 5 Cara Menciptakan Suasana Alami di dalam Kamar Mandi

Ilustrasi mengecat dinding warna merah. SHUTTERSTOCK/FOTOKOSTIC Ilustrasi mengecat dinding warna merah.

Selain itu, jika Anda menutupi ruangan ini dengan cat yang tidak khusus dibuat untuk area lembap, akan ada risiko cat terkelupas dan retak saat uap air merembes ke dalam dinding, merusak tampilan baru, belum lagi semua kerja keras Anda akan sia-sia.

Dilansir House Digest, Kamis (15/9/2022), berikut cara mengecat dinding kamar mandi agar hasilnya maksimal. 

1. Pilih cat dengan bijak

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat mengecat kamar mandi adalah jenis cat apa yang Anda butuhkan dan warna apa yang harus Anda pilih. Kamar mandi adalah kamar yang lembap, dan perlu diperhatikan saat memilih jenis pigmen.

The Paint Shed menyarankan hasil akhir cat kulit telur akrilik, semi atau high gloss, dan satin akan bekerja dengan baik untuk kamar mandi dengan kelembapan rendah.

Baca juga: 3 Warna Kamar Mandi yang Menciptakan Nuansa Santai

Perlu dicatat bahwa cat khusus untuk kamar mandi harganya sekitar dua kali lipat dari harga cat yang cocok untuk semua ruangan lain. Ini karena sifat tahan jamur yang dimiliki pigmen ini.

Dari segi warna, tentu saja, ini adalah pilihan pribadi, tetapi  jika kamar mandi Anda kecil atau tanpa jendela, maka warna putih sederhana mungkin yang Anda butuhkan.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com