Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Benda yang Wajib Dimiliki Saat Memelihara Anjing, Apa Saja?

Kompas.com - 13/09/2022, 16:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Dodo

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengadopsi atau memelihara anjing menjadi pengalaman menyenangkan, terlebih bila baru pertama kali melakukannya. 

Anjing dapat memberi kebahagiaan, menghilangkan stres, dan mengusir rasa bisa serta kesepian di rumah

Baca juga: Stop Memberikan Es Krim pada Anjing Peliharaan, Ini Bahayanya

Akan tetapi, memelihara anjing tak hanya memberikan tempat tinggal yang aman dan nyaman, tapi juga memenuhi kebutuhannya seperti nutrisi, mainan, serta menjaga kesehatannya. 

Bahkan ada beberapa benda yang harus dimiliki untuk membantu anjing peliharaan merasa nyaman di rumah dan membuatnya seperti keluarga. 

Nahm dilansir dari The Dodo, Selasa (13/9/2022), berikut empat benda yang wajib dimiliki saat memelihara anjing di rumah.   

Baca juga: Alasan Ratu Elizabeth II Mencintai Anjing Corgi daripada Ras Lain

Kandang anjing 

Ilustrasi anjing, kotak penyimpanan anjing selama perjalananSHUTTERSTOCK/Dorottya Mathe Ilustrasi anjing, kotak penyimpanan anjing selama perjalanan
Sama dengan manusian, anjing juga terkadang mengingkan waktu sendiri dan tempat privasi. Banyak anjing merasa nyaman karena bisa meringkuk di ruang tertutup seperti peti karena meniru sarang yang dibuat anjing di alam liar.

Sebagai solusi, bisa menggunakan kandang kawat. Selain memberikan rasa nyaman, kandang kawat ini juga memungkinkan anjing melihat sekelilingnya saat berada di dalam. 

Baca juga: 8 Ras Anjing Favorit Keluarga Kerajaan Inggris

Tempat tidur anjing

Selanjutnya, benda yang wajib dimiliki saat memelihara anjing adalah tempat tidur. Ini juga menjadi salah satu area favorit bagi anjing untuk bersantai. Anda bisa memilih ukuran tempat tidur yang sesuai dengan anjing.

Pilih juga tempat tidur yang empuk dan lembut, yang dapat membuat anjing peliharaan merasa nyaman saat berbaring di atasnya. 

Selimut anjing 

Ilustrasi anjing berbaring di tempat tidurnyaUnsplash/Roberto Nickson Ilustrasi anjing berbaring di tempat tidurnya
Beberapa anjing sangat suka meringkuk di dalam selimut. Jadi, Anda wajib memilikinya. Pilih selimut yang lembut, tidak panas, dan tahan air sehingga bisa juga digunakan untuk mengeringkan tubuh anjing peliharaan. 

Selain itu, selimut ini bisa digunakan untuk menutupi kandang anjing untuk memberinya lebih banyak privasi. 

Baca juga: Anjing-anjing Corgi Ratu Elizabeth II Akan Dipelihara Pangeran Andrew

Mainan anjing

Terakhir, benda yang wajib dimiliki saat memelihara anjing adalah mainan. Mainana ini berfungsi memberi hiburan dan mengusir kebosanan sahabat bulu.

Ada banyak mainan anjing yang tersedia, dari bola, frisbee, plush toys, hingga mainan untuk anjing gigit atau kunyah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Dodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com