Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Semprotan Pembasmi Serangga dari Bahan Alami

Kompas.com - 11/09/2022, 16:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara terbaik membasmi serangga adalah menggunakan penyemprot serangga.

Biasanya, orang-orang menggunakan semprotan serangga di dalam rumah, tapi ada juga di area teras, bahkan kebun.

Baca juga: 5 Serangga yang Sering Muncul di Rumah Setelah Hujan Reda

Selain mencegah serangga memasuki rumah, penggunaan semprotan serangga di kebun itu untuk melindungi tanaman dari kerusakan yang disebabkan hama serangga.

Namun, tidak semua semprotan serangga komersial memiliki wangi yang disukai. Bahkan, ada orang-orang yang tidak bisa menggunakan semprotan serangga komersial karena sensitif terhadap wanginya.

Belum lagi, beberapa semprotan serangga kurang cocok digunakan pada tanaman. Sebagai solusi, membuat semprotan serangga dari bahan-bahan alami.

Namun, perlu diingat, semprotan yang menggunakan minyak esensial tidak boleh ditaruh di botol semprotan plastik karena dapat merusak material botol. Jadi, sebaiknya menaruh dalam botol kaca. 

Nah, dikutip dari Hunker, Minggu (11/9/2022), berikut beberapa cara membuat semprotan pembasmi serangga dari bahan alami yang bisa dicoba di rumah. 

Baca juga: 4 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah Tanpa Semprotan Serangga 

Semprotan lavender untuk dalam rumah

Cara mengusir lalat di rumah dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menaruh bau yang dibenci serangga ini, membuat semprotan dengan bahan alami, atau bahan yang beracun bagi lalat.SHUTTERSTOCK/PUMPZA Cara mengusir lalat di rumah dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menaruh bau yang dibenci serangga ini, membuat semprotan dengan bahan alami, atau bahan yang beracun bagi lalat.

Semprotan serangga aroma lavender efektif mengusir nyamuk. Cara membuatnya, campurkan satu bagian minyak esensial lavender dengan 10 bagian witch hazel.

Selanjutnya, tuangkan ke botol semprotan kaca, kocok dengan lembut, dan semprotkan ke ruangan atau kulit untuk membasmi nyamuk.

Semprotan herba untuk  pakaian

Jika tidak memiliki minyak esensial, gunakan herba. Semprotan ini bisa digunakan untuk ruangan maupun disemprotkan pada pakaian. 

Caranya, membuat teh dengan secangkir air mendidih, dua kuncup cengkeh, setengah sendok teh pepermin kering, setengah sendok teh catnip kering, dan setengah sendok teh lavender kering.

Apabila menggunakan herba segar, potong tanaman dengan halus dan gunakan takaran setengah sendok makan alih-alih setengah sendok teh.

Diamkan campuran herba dan air mendidih hingga mendingin, lalu saring herba dan campur dengan 236 mililiter (ml) witch hazel atau alkohol gosok.

Baca juga: 8 Cara Mudah Menciptakan Dapur Bebas Serangga

Semprotan citronella dan lavender untuk luar rumah

Untuk semprotan serangga luar rumah, gunakan campuran citronella dan lavender. Campuran ini bisa mengusir nyamuk, kutu, bahkan lalat.

Halaman:
Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com