Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Serangga yang Sering Muncul di Rumah Setelah Hujan Reda

Kompas.com - 11/09/2022, 10:50 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa daerah di Indonesia, termasuk Jakarta dan sekitarnya, tengah dilanda hujan beberapa terakhir belakangan ini. 

Namun, selama musim hujan, ada beberapa serangga yang muncul di rumah. Tak ayal, beberapa orang cukup waspada dan mulai mempersiapkan diri ketika hujan tiba.

Baca juga: 5 Cara Mengusir Kecoak dari Rumah dengan Cepat

Sebab, serangga bisa muncul dari mana saja, entah itu saluran air kamar mandi maupun teras rumah. Tentunya, hal ini cukup mengganggu dan membuat rumah terkesan tidak dirawat. 

Disadur dari Delta Pest, Minggu (11/9/2022), kemunculan serangga di rumah setelah hujan adalah situasi yang umum terjadi.

Sama dengan manusia, serangga-serangga itu juga ingin melindungi diri mereka dari air hujan dan badai. Nah, berikut beberapa jenis serangga yang sering muncul di rumah setelah hujan reda. 

Baca juga: 6 Cara Membasmi Serangga di Rumah dengan Bahan-bahan Alami

Kecoak

cara mengusir kecoak dari rumah dapat menggunakan bahan-bahan berupa pasta gigi, sabun cuci piring, dan jeruk nipis atau lemon.Shutterstock/PitukTV cara mengusir kecoak dari rumah dapat menggunakan bahan-bahan berupa pasta gigi, sabun cuci piring, dan jeruk nipis atau lemon.

Kebanyakan kecoak hidup di selokan, gorong-gorong, dan pipa. Ketika hujan tiba, tempat tinggal kecoak tersebut akan banjir sehingga membuatnya tidak aman untuk berada di sana.  

Akhirnya, kecoak merangkak naik dari permukaan tersebut, lalu memasuki setiap rumah atau bangunan lainnya agar tetap kering dan mencari perlindungan sampai hujan reda.

Biasanya, kecoak akan muncul di mana saja pipa berada, termasuk kamar mandi, dapur, dan ruang mencuci

Baca juga: Jangan Dilakukan, Ini 5 Mitos Membasmi Kecoak dengan Bahan Dapur

Kutu kayu

Kutu kayu bisa muncul di dalam rumah setelah hujan. Meski bukan serangga berbahaya, keberadaan kutu daun di rumah bisa mengganggu. 

Kutu kayu sebenarnya membutuhkan kelembapan untuk bertahan hidup dan umumnya  tinggal di tanah lembap. 

Namun, hujan yang terus-menerus dapay mengancam kehidupan kutu kayu sehingga membuatnya mencari perlindungan di dalam rumah. Kutu kayu bisa berad di jendela dan pintu yang mengarah keluar rumah. 

Baca juga: 7 Area di Halaman Rumah yang Kerap Jadi Sarang Serangga

Semut

Ilustrasi semut. PIXABAY/FOTOSFORYOU_RK Ilustrasi semut.

Semut tinggal di gundukan tanah sehingga berisiko tinggi terkena banir. Saat hujan turun tanpa henti, semut akan mencari lahan kering terdekat, termasuk rumah Anda. 

Biasanya, semut sering muncul di area yang terdapat makanan seperti dapur. Jadi, kemungkinan besar kamu akan menemukannya di dapur setelah hujan.

Baca juga: Simak, 6 Cara Mudah Membasmi Semut di Rumah, Bisa Pakai Lemon

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com