Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Guru Honorer Kini Penjahit Kostum Kucing, Omzet Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 07/09/2022, 08:22 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Fredi Lugina Priadi adalah seorang mantan guru honorer yang berasal dari Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dahulu, ia hanyalah seorang guru SD yang mengajar selama enam hingga delapan tahun, dan mengajar hingga sekitar pukul 13.00-14.00 WIB saja.

Baca juga: Alasan Kucing Suka Naik ke Atas Meja Dapur dan Cara Mengatasinya

Kepada Kompas.com Fredi bercerita, awal mula dirinya banting setir menjadi penjahit kostum kucing bermula dari waktu senggangnya usai mengajar.

“Saya hampir punya waktu setengah hari di rumah. Saya sudah buka jahitan, cuma dulu ketika mengajar, masih konveksi baju seragam,” ungkapnya dalam talk show daring di media sosial Kompas.com bertajuk “Inspirasi+62 – Ep 4: Bisnis Busana Kucing, Ide dari Mana?”, Jumat (2/9/2022).

Fredi melanjutkan, pada saat itu ia baru memutuskan untuk menjalankan profesi ganda, yakni bekerja sebagai guru honorer dan tukang jahit.

Seiring waktu, ia mengambil keputusan untuk keluar menjadi guru dan fokus menjahit. Namun, Fredi sempat mengalami sepi pesanan selama beberapa tahun.

“Kemudian pada 2017, saya buka permak untuk reparasi (pakaian), potong celana, dan lain-lain. Ponakan kasih usulan, coba bikin baju kucing. Saya coba buat baju kucing,” tutur Fredi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com