Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Para Ahli, 5 Hal Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Kompas.com - 03/09/2022, 18:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidur merupakan hal yang penting untuk seseorang menggantikan energinya kembali setelah seharian berkegiatan. Namun, berbagai faktor dapat membuat waktu tidur menjadi berantakan atau tidur tidak berkualitas.

Dilansir House Beautiful, Sabtu (3/9/2022), salah satu ahli tidur terkemuka di Inggris telah mengungkapkan lima cara terbaik seseorang dapat membuat tidur lebih berkualitas. 

Hannah Shore, Sleep Knowledge & Researcher Manager di Silentnight, mengatakan membawa tanaman hijau ke dalam rumah, memaksimalkan paparan cahaya alami, dan memanfaatkan aroma dan suara dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: 7 Tips Dekorasi Kamar Tidur Minimalis yang Nyaman dan Teduh

Ilustrasi tidur, tidur berkualitas, cara meningkatkan kualitas tidurShutterstock/metamorworks Ilustrasi tidur, tidur berkualitas, cara meningkatkan kualitas tidur

Shore menjelaskan, tidur adalah faktor kontribusi besar untuk menjalani hidup yang sehat dan bahagia. Memastikan lingkungan tidur Anda bermanfaat untuk preferensi tidur sendiri sangat penting.

Akan tetapi, menambahkan elemen alam ke kamar tidur Anda adalah cara yang bagus untuk menggabungkan rasa relaksasi, dan membantu pikiran beralih setiap malam.

Apakah Anda menambahkan pilihan tanaman ke kamar tidur, atau hanya memastikan Anda keluar setidaknya selama 15 menit sehari, dapat berpengaruh baik pada pola tidur yang baik. 

Shore pun membagikan tips untuk membantu menghadirkan suasana luar ruangan yang menyenangkan ke kamar tidur.

Baca juga: Ini Warna Lampu LED Terbaik untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

1. Temukan suara yang dapat membantu tidur

Penelitian telah menunjukkan bahwa suara yang dapat membantu tidur seperti hujan, angin, dan badai petir menginduksi relaksasi, dengan lembut mendorong menuju keadaan mengantuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com