Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Essential Oil Ini Bisa Bantu Meredakan Sakit Kepala dan Migrain

Kompas.com - 02/09/2022, 22:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Healthline

JAKARTA, KOMPAS.com - Essential oil atau minyak atsiri banyak digunakan untuk mengharumkan ruangan. Selain itu, essential oil juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti meredakan stres dan beragam gangguan kesehatan.

Dikutip dari Healthline, Jumat (2/9/2022), essential oil adalah cairan yang sangat pekat yang terbuat dari daun, batang, bunga, kulit kayu, akar, atau elemen lain dari tanaman.

Aromaterapi sering menggunakan essential oil yang dapat memberikan manfaat kesehatan seperti mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi melalui rangsangan sensorik (aroma).

Baca juga: 5 Essential Oil yang Bisa Dijadikan Produk Pembersih Rumah

Ilustrasi essential oil, minyak esensial, minyak atsiri. PIXABAY/MONICORE Ilustrasi essential oil, minyak esensial, minyak atsiri.

Essential oil bahkan dapat membantu mengobati kondisi tertentu seperti sakit kepala atau migrain. Minyak yang berbeda menawarkan manfaat yang berbeda.

Essential oil juga memberikan manfaat tanpa daftar panjang efek samping yang dapat menyertai resep obat sakit kepala dan migrain.

Beberapa essential oil juga dapat mengurangi stres, yang dapat meredakan sakit kepala tegang, atau meredakan rasa sakit.

Minyak esensial harus diencerkan dalam minyak pembawa seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond manis, atau minyak jojoba sebelum digunakan. Tambahkan lima tetes minyak esensial ke 1 ons minyak pembawa.

Baca juga: 7 Essential Oil untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Selain itu, essential oil tidak boleh dioleskan langsung ke kulit atau tertelan.

Berikut beberapa essential oil yang bisa meredakan sakit kepala dan migrain.

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com