Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Buang 7 Bahan Ini ke Saluran Bak Cuci Piring, Bikin Mampet

Kompas.com - 27/08/2022, 15:50 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit orang suka tergoda untuk membuang berbagai macam bahan ke dalam saluran pembuangan bak cuci piring.

Namun, perlu diingat bahwa saluran pembuangan bak cuci piring bukan tempat untuk membuang beragam bahan yang tak lagi dibutuhkan.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (27/8/2022), berikut ini adalah tujub bahan yang tidak boleh dibuang ke saluran pembuangan bak cuci piring karena dapat membuat mampet.

Baca juga: Tanda-tanda Pipa Saluran Pembuangan Air Kotor Bermasalah

Ilustrasi ampas kopiShutterstock/Nor Gal Ilustrasi ampas kopi
Ampas kopi

Ampas kopi suka menempel dan membentuk gumpalan di pipa, yang mana itu pada akhirnya mengakibatkan saluran pembuangan bak cuci piring atau wastafel mampet.

Minyak goreng

Ketika minyak goreng mendingin, itu membuatnya memadat. Jadi, apabila minyak goreng dituangkan ke saluran pembuangan air, itu juga membuat saluran pipa menjadi tersumbat.

Beras dan biji-bijian

Ilustrasi mencuci beras. Air cucian beras dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk. SHUTTERSTOCK/LIZA888 Ilustrasi mencuci beras. Air cucian beras dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk.
Ketika air ditambahkan ke beras maupun biji-bijian kering, itu membuat keduanya mengembang.

Baca juga: 5 Tanda Saluran Pembuangan Air di Rumah Mengalami Kebocoran

Jika kamu menuangkan beras atau biji-bijian ke lubang wastafel, mereka melakukan hal yang sama dan menyumbat pipa.

Letakkan cangkang telur di atas lemari untuk mengusir cicak.Unsplash/Caroline Attwood Letakkan cangkang telur di atas lemari untuk mengusir cicak.
Cangkang telur

Cangkang telur membutuhkan waktu yang sangat lama untuk larut dalam air. Jika cangkang telur telah digiling sekalipun, itu masih dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran pembuangan bak cuci piring.

Cara terbaik untuk membuang cangkang telur adalah dengan menambahkannya ke tumpukan kompos atau membuangnya ke tempat sampah.

Adonan

Sama seperti beras dan biji-bijian yang dapat mengembang di dalam air, hal yang demikian juga berlaku untuk adonan.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Saluran Bak Cuci Piring Tersumbat

Agar tidak terbuang ke saluran pembuangan bak cuci piring, luangkan waktu untuk membuang sisa adonan ke tempat sampah sebelum mencuci mangkuk dan peralatan lainnya.

Cat

Menuangkan cat ke saluran pembuangan dapat membuat wastafel atau bak cuci piring ternoda secara permanen dan pipa membutuhkan perbaikan tukang.

Setiap jenis cat harus dibuang dengan benar untuk mencegah bahan kimia masuk ke air tanah.

Bahan kimia dan pestisida berbahaya

Sebagian besar produk berbahaya, seperti pengencer cat, lacquer atau lak, maupun dry clean solvent (cairan yang digunakan untuk membersihkan kain atau tekstil tanpa air pada proses dry clean), tidak boleh dituangkan ke bak cuci piring.

Baca juga: Tips Mengatasi Saluran Pembuangan Air Kamar Mandi yang Berbau

Hal yang sama juga berlaku untuk pestisida taman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com