Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Budidaya Tanaman Semangka agar Panennya Melimpah

Kompas.com - 15/08/2022, 10:38 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Budidaya tanaman semangka memiliki prospek yang bagus. Pasalnya buah ini memiliki banyak peminat karena rasanya yang enak.

Selain memiliki rasa yang enak, buah semangka juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Manfaat buah semangka yang sudah terkenal antara lain; mengatasi sembelit, mencegah dehidrasi, dan menurunkan darah tinggi.

Baca juga: 5 Daur Hidup Tanaman Semangka, dari Biji sampai Buah

Syarat tumbuh tanaman semangka

Semangka tergolong dalam jenis labu-labuan, karena bentuk buahnya bulat dan tumbuh merambat. Indonesia merupakan negara yang sangat cocok untuk menanam buah semangka, karena iklim di Indonesia sesuai dengan syarat tumbuh tanaman hortikultura ini.

Ilustrasi buah semangkapixabay.com Ilustrasi buah semangka

Buah semangka dapat ditanam pada semua ketinggian tempat, namun akan tumbuh dan perkembang dengan baik pada dataran rendah dengan suhu 25 sampai 30 derajat celcius. Selain itu, semangka juga akan tumbuh dengan baik pada lahan tanpa naungan.

Tanah yang gembur, mengandung banyak bahan organik, dan memiliki pH antara 5,5-7 membuat pertumbuhan dan hasil buah semangka semakin maksimal.

Baca juga: Simak, Cara Merawat Pohon Rambutan agar Berbuah Lebat

Budidaya tanaman semangka

Semangka termasuk tanaman semusim dengan umur panen yang relatif singkat. Hasil panen semangka akan maksimal jika proses budi daya dilakukan dengan benar.

Melansir dari Cybex Kementerian Pertanian, Senin (15/8/2022), berikut ini cara menanam buah semangka agar hasil panen yang melimpah.

1. Pemilihan benih

Pemilihan benih yang unggul dapat mempengaruhi hasil buah semangka. Benih semangka yang bagus untuk ditanam yaitu benih semangka hibrida karena termasuk varietas unggul.

Selain menanam semangka dari varietas unggul, benih semangka juga perlu diberi perlakukan khusus sebelum ditanam. Benih semangka terlebih dahulu direndam dalam air hangat yang dicampur hormon pertumbuhan, fungisida, dan bakterisida sebelum proses penanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com