Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memanen Tanaman Oregano agar Tumbuh Subur Kembali

Kompas.com - 04/08/2022, 19:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman oregano memiliki berbagai manfaat, antara lain menjadi bumbu untuk berbagai masakan, membuat teh untukmeningkatkan kesehatan, serta meredakan batuk dan sakit perut. 

Oregano dikenal luas sebagai tanaman herbal yang memiliki antiseptik untuk membunuh kuman. Tak heran, oregano telah lama digunakan sebagai kandungan dalam produk pembersih atau kesehatan seperti obat kumur dan disinfektan. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias Ini Bisa Bantu Atasi Insomnia dan Gangguan Tidur 

Tanaman oregano dapat ditanam sendiri di rumah. Oregano menyukai tanah yang dikeringkan dengan baik serta senang tumbuh di tanah terbuka atau pot.

Selain itu, tanaman oregano minim perawatan. Misalnya, untuk penyiraman, hindari menyiram tanaman oregano dengan membanjiri akar karena dapat dengan mudah membusuk, yang pada akhirnya membuat tanaman mati.  

Baca juga: Area Terbaik Meletakkan Lidah Mertua di Rumah Menurut Feng Shui

Cara memanen oregano

Ilustrasi jintenshutterstock Ilustrasi jinten
Jackie Sommer dari Purple Sage Farms, sebuah pertanian di Amerika Serikat, menjelaskan cara memanen orgeno agar bisa tumbuh subur kembali. 

"Ujung oregano harus dipanen kira-kira sepanjang telapak tangan. Panen tanaman secara merata untuk mendorong pertumbuhan yang lebih sehat. Potong kembali bunga,"ucapnya dilansir dari Homes and Gardens, Kamis (4/8/2022). 

Ahli tanaman herbal, Jekka McVicar, mengatakan Anda harus memotong dengan keras setelah oregano berbunga untuk mendapatkan mahkota pertumbuhan baru.  

Baca juga: 6 Tanaman Hias Populer Simbol Keberuntungan dan Kemakmuran

Setelah itu, oregano akan gugur dan mati sepenuhnya pada musim yang lebih dingin sebelum menghasilkan pertumbuhan baru yang segar kembali.

Oregano adalah tanaman herbal yang dapat bertahan dengan baik, asalkan berada di tempat cerah dengan drainase baik. 

Selanjutnya, untuk memetik daun oregano agar terus tumbuh, cukup potong ujungnya di bagian atas tanaman panjangnya sekitar lima hingga tujuh sentimeter.

Jika ingin membuang semua batang, potong batang dengan gunting hingga bersih tepat di atas satu set daun atau simpul pertumbuhan. Ini akan mendorong tanaman untuk bercabang dan menumbuhkan daun baru yang beraroma.  

Baca juga: 10 Cara Mencegah Virus Gemini pada Tanaman Cabai

Kapan memanen oregano untuk mendapatkan rasa terbaik? 

Waktu terbaik memanen oregano adalah sebelum berbunga karena energi dan minyak tanaman terkonsentrasi pada dedaunan.

Tunggu sampai batang tumbuh setinggi 10-12,5 sentimeter dan potong menggunakan gunting tajam tepat di atas satu set daun. Tanaman akan tumbuh kembali dari titik ini dan membentuk batang samping yang segar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com