Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahan hingga 6 Bulan, Ini Cara Menyimpan Bawang Putih Utuh

Kompas.com - 29/07/2022, 13:44 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika berbelanja bumbu dapur, beberapa orang membeli dalam jumlah banyak untuk menyetoknya di rumah

Cara ini juga dapat menghemat biaya dan waktu. Kendati demikian, tidak semua bumbu dapur dapat digunakan dalam waktu lama. 

Baca juga: 3 Cara Tepat Menyimpan Bawang Putih agar Tahan Lama

Misalnya, bawang putih hanya bisa digunakan dalam waktu dekat sehingga membuatnya cepat membusuk, bahkan sebelum waktunya.

Akan tetapi, ada cara membuat bawang putih bertahan lebih lama, yakni menyimpannya dengan tepat.

Disadur dari Martha Stewart, Jumat (29/7/2022), menyimpan bawang putih utuh dengan cara tepat mampu membuatnya tahan lama hingga enam bulan. 

Namun, saat memisahkan setia siung bawang putih, setiap siung tersebut akan mulai memburuk. Artinya, tidak perlu memisahkan setiap siung bawang putih sampai siap menggunakannya.

Baca juga: Trik Menyimpan Bawang Putih agar Lebih Awet dan Tidak Cepat Busuk

Cara menyimpan bawang putih utuh

Ilustrasi bawang putih. PIXABAY/STEVE BUISSINE Ilustrasi bawang putih.

Seperti dijelaskan sebelumnya, hal pertama yang perlu diingat adalah tidak perlu memisahkan setiap siung bawang putih. Sebaiknya, simpan bawang putih secara utuh dalam pembungkus kertas. Ini akan membuat bawang putih tetap segar lebih lama hingga sekitar enam bulan.

Guna memudahkan pengamblan siung bawang putih, Ed Fraser dari Fraser’s Garlic Farm di New York, Amerika Serikat (AS), memiliki trik tersendiri. 

Dia mengikat atau mengepang pembungkus bawang putih utuh di dapur untuk memudahkan pengambilan siung sesuai kebutuhan.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Alami dari Bawang Putih

  • Wadah penyimpanan 

Ilustrasi bawang putih. Unsplash/Daniella Curly Ilustrasi bawang putih.

Untuk wadah penyimpanan, gunakan wadah terakota atau keramik yang dirancang khusus untuk menyimpan bawang putih utuh.

Bawang putih juga boleh disimpan dalam kantong kertas, jaring, keranjang kawat, bahkan wadah sederhana dalam bentuk apa pun untuk mendorong sirkulasi udara kering.

Inilah mengapa kantong plastik sebaiknya tidak digunakan sebagai wadah penyimpanan bawang putih utuh karena dapat menahan kelembapan. 

Baca juga: Cara Menanam Bawang Putih di Dalam Pot agar Cepat Tumbuh

  • Tempat penyimpanan

Untuk tempat penyimpanannya, bawang putih utuh sebaiknya ditaruh di tempat gelap dan sejuk. Namun, hindari menyimpan bawang putih di ruang bawah tanah. 

Fraser mengatakan, meski gelap, ruang bawah tanah memiliki kelembapan. Untuk itu, sebaiknya, menyimpan bawang putih di laci penyimpanan kulkas.

Selain itu, lemari dapur bisa digunakan untuk menyimpan bawang putih. Namun, pastikan dalam lemari tidak ada kentang karena bawang putih mengeluarkan gas yang dapat mempercepat pertumbuhan kentang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com