Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memberikan Pencahayaan pada Ruangan Menurut Desainer Interior

Kompas.com - 21/07/2022, 11:24 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Today

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan di dalam ruangan menjadi hal yang sangat penting. Sebab, tak hanya membantu dalam beraktivitas, namun pencahayaan dalam ruangan dapat mengubah suasana di dalam ruang tersebut.

Pencahayaan yang kurang akan memberikan rasa sempit pada ruangan, dan sebaliknya pencahayaan yang cukup akan memberikan rasa luas dan lapang di dalam ruangan. 

Dilansir Today, Kamis (21/7/2022) jika ingin membawa lebih banyak cahaya ke rumah Anda, tempat yang mudah untuk memulai adalah dengan melihat perlengkapan pencahayaan literal.

 

Baca juga: 10 Tips Memberikan Pencahayaan yang Baik di Dalam Rumah

Ilustrasi pencahayaan di ruang makan. Ilustrasi ruang makan terbuka.Shutterstock/Det-anan Ilustrasi pencahayaan di ruang makan. Ilustrasi ruang makan terbuka.

Beberapa desainer interior mengungkapkan cara untuk membawa pencahayaan yang cukup ke dalam ruangan.

Desainer interior Brittany Marom suka memulai dengan perlengkapan langit-langit karena mereka berada di titik tertinggi dan paling baik dalam membanjiri ruang dengan cahaya.

Setelah itu gunakanlah sconce dinding, yang katanya dapat membantu saat memberi aksen pada area yang lebih gelap yang berpotensi tidak dijangkau oleh lampu di atas kepala.

Dia mengungkapkan bahwa pencahayaan ini juga dapat membantu menerangi seni dan berfungsi sebagai pencahayaan suasana hati.

Baca juga: Tips Menyiasati Pencahayaan di Ruangan Sempit yang Tak Berjendela

Sementara itu, Linda Hayslett, seorang desainer interior dan pemilik LH.Designs yang berbasis di Los Angeles, menawarkan solusi yang dapat dilakukan sendiri yang dia lihat di media sosial baru-baru ini.

Untuk menambahkan cahaya ke area yang tidak memiliki kabel listrik, ia menyarankan untuk memasang tempat lilin, menyembunyikan kabel di belakangnya. 

Halaman:
Sumber Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com