Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang, Ini 3 Cara Mencegah Jamur di Kamar Mandi

Kompas.com - 18/07/2022, 22:13 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Moving.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur adalah permasalahan umum yang dialami hampir setiap rumah, khususnya di kamar mandi.

Hal ini karena kamar mandi memberikan keseimbangan sempurna antara panas, kelembapan, terdapat bakteri dan debu sehingga menjadikannya tempat berkembang biaknya yang sempurna untuk jamur

Baca juga: 8 Cara Mencegah Pertumbuhan Jamur di Kamar Mandi

Ada beberapa jenis jamur yang cenderung terbentuk di kamar mandi, di antaranya Stachybotrys chartarum (jamur hitam), Aspergillus, Talaromycosis (sebelumnya disebut sebagai Penicillium), dan Cladosporium. 

Munculnya jamur di kamar mandi dapat terjadi di rumah baru maupun lama. Bahkan pembersihan kamar mandi yang rutin sekalipun masih dapat memunculkan jamur.

Salah satu langkah membasmi jamur dari kamar mandi adalah melakukan pencegahan. Namun, tidak sepenuhnya dapat membasmi jamur dari kamar mandi karena spora jamur ada di mana-mana. 

Baca juga: 3 Hal yang Menandakan Adanya Jamur di Rumah dan Cara Membasminya

Setiap tempat yang memiliki panas dan kelembapan memungkinkan spora jamur untuk tumbuh serta berkembang. Karena itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah masalah jamur. 

Dilansir dari Moving, Selasa (18/7/2022), berikut cara mencegah jamur di kamar mandi

Baca juga: Penyebab Bau Apak dan Jamur pada Pakaian dan Cara Mengatasinya

Menghilangkan kelembapan 

Ilustrasi jamur pada permukaan keramik kamar mandi. SHUTTERSTOCK/MARCUS KRAUSS Ilustrasi jamur pada permukaan keramik kamar mandi.
Jangan biarkan kelembapan berada pada permukaan apa pun terlalu lama. Gunakan handuk atau squeegee untuk menghilangkan sisa air dari shower dan bathtub atau bak mandi setiap kali selesai mandi.

Kemudian, biarkan exhaust fan tetap menyala sesuai dengan kebutuhan untuk menjaga kelembapan udara dan mencegah jamur di kamar mandi. 

Baca juga: 4 Tips Mengubah Tampilan Kamar Mandi Menjadi Lebih Praktis dan Menarik

Jaga kebersihan kamar mandi

Semakin sedikit debu dan bakteri di kamar mandi, semakin sedikit makanan yang menjadi tempat tumbuhnya jamur.

Untuk itu, pastikan membersihkan kamar mandi secara teratur menggunakan produk antibakteri dan antijamur komersial atau produk non-toksik lainnya. 

Baca juga: 7 Cara Tak Biasa Membersihkan Kamar Mandi, Bisa Pakai Aspirin

Perbaiki kebocoran

Keran air yang mengeluarkan satu tetes air per menit akan menetes 1.440 kali sehari, yang hampir pasti akan menyebabkan penumpukan jamur.

Karena itu, segera memperbaiki kebocoran apa pun di rumah untuk mencegah jamur di kamar mandi sekaligus menghemat tagihan air. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Moving.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com