Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2022, 07:54 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang indah tidak hanya menarik perhatian dan meningkatkan nilai jual rumah, tetapi juga memberi kenyamanan lebih. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan estetika rumah, dari menerapkan desain interior yang bergaya, menggunakan elemen dekoratif yang cantik, hingga melakukan pembersihan dan perawatan rumah. 

Baca juga: 4 Kesalahan Umum Dekorasi Rumah Menurut Desainer Interior

Namun, mewujudkan rumah yang menarik secara estetika tidak harus tampak seperti mimpi. Ada bisa melakukannya melalui cara-cara sederhana. 

Nah, dikutip dari My Decorative, Minggu (17/7/2022), berikut empat ide meningkatkan estetika rumah. 

Pikirkan tentang perawatan jendela 

Ilustrasi jendela rumah.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi jendela rumah.
Perawatan jendela dapat membuat rumah terlihat cantik, baik dari dalam maupun luar. Ada beberapa pilihan perawatan jendela yang tersedia. 

Mulai dari, tirai dalam semua jenis gaya dan warna serta tirai Romawi. Cari perawatan yang dapat membuat jendela Anda terlihat indah serta melengkapi rumah secara umum. 

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Kaca Film pada Jendela Rumah

Pasang lantai rekayasa

Lantai yang direkayasa menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan dalam dunia desain interior. Jika ingin rumah tampak menakjubkan, pertimbangkan memasang lantai rekayasa.

Lantai ini tampil kontemporer dan cerah serta sama sekali tidak rentan terhadap pembengkakan yang tidak sedap dipandang.

Selain itu, lantai rekayasa dapat membantu menjaga rumah terlihat cantik dan segar. 

Baca juga: 5 Benda Rumah Tangga yang Perlu Diganti, Apa Saja?

Dapatkan jendela teluk

Ilustrasi furnitur melengkung, Ilustrasi sofa melengkung, ilustrasi ruang keluarga. Shutterstock/Anymayy Ilustrasi furnitur melengkung, Ilustrasi sofa melengkung, ilustrasi ruang keluarga.
Jendela teluk telah menjadi tradisi desain interior sejak lama. Jendela teluk dapat membuka ruang keluarga secara besar-besaran serta membawa keajaiban alam ke dalam ruangan.

Jika ingin menatap lingkungan yang rimbun dari kenyamanan ruang tamu, jendela ceruk yang indah dan tak lekang oleh waktu dapat bekerja seperti pesona. 

Baca juga: 4 Peralatan Pembersih Rumah yang Wajib Dibersihkan

Lampu aksen aman untuk eksterior Anda 

Pencahayaan eksterior dapat menerangi ruang luar serta menyoroti semua hal terbaik tentang struktur Anda.

Jika ingin menampilkan dinding yang bagus, jendela, atau apa pun, memusatkan perhatian pada pencahayaan lanskap bisa menjadi pendekatan efektif.

Pencahayaan luar ruangan datang dengan bonus besar. Pencahayaan ini dapat melindungi anggota keluarga dan tamu. 

Baca juga: 5 Kebutuhan Utilitas yang Diperlukan Saat Pindah ke Rumah Baru

Tak jarang, banyak pemilik rumah yang menghabiskan waktu bersantai dan duduk di halaman rumah, taman, atau teras

Rumah yang menarik secara estetika tidak harus terbatas pada majalah desain interior. Jika  ingin rumah terlihat sempurna, ada begitu banyak ide di luar sana untuk dijelajahi. Jangan lupa bahwa rumah seharusnya menjadi tempat hati berada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com