Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Membuat Kamar Tidur Lebih Sejuk saat Malam Hari

Kompas.com - 12/07/2022, 20:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas di malam hari menimbulkan ketidaknyamanan, khususnya di kamar tidur. Suhu yang panas tersebut tentu bisa menciptakan kondisi tidur tidak nyenyak.

Dikutip dari Ideal Home, Selasa (12/7/2022), tubuh kita dirancang untuk tertidur saat cuaca lebih dingin, jadi langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencoba dan mendinginkan diri.

"Suhu tubuh Anda perlu sedikit turun sebelum tidur. Itulah sebabnya Anda tidak bisa tidur saat kepanasan," kata Simon Williams dari National Bed Federation (NBF).

Baca juga: Membuka Jendela pada Siang Hari Bikin Rumah Panas, Betulkah?

Ilustrasi cuaca panas di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/FIZKES Ilustrasi cuaca panas di dalam ruangan.

Menurut Williams, suhu kamar tidur yang ideal harus sekitar 16 hingga 18 derajat celcius, sehingga sulit untuk merasa nyaman di tempat yang panas dan pengap, yang membuat banyak orang menderita gangguan tidur malam.

Kenapa sulit tidur saat cuaca panas?

Suhu yang lebih hangat dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kegelisahan. Kamar tidur dan tempat tidur yang terlalu hangat dapat mengganggu kemampuan termoregulasi tubuh dan menyebabkan kelelahan.

Suhu tubuh tidak hanya memengaruhi awal tidur, tetapi juga kualitas tidur dan waktu yang dihabiskan dalam tahap tidur yang berbeda.

Suhu inti tubuh yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan penurunan tidur gelombang lambat restoratif dan kualitas tidur.

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Rumah agar Terasa Sejuk Saat Cuaca Panas

Berikut beberapa cara membuat kamar tidur lebih sejuk saat cuaca panas agar Anda bisa beristirahat dengan nyaman dan berkualitas.

1. Simpan botol semprot di meja samping tempat tidur

Halaman:
Sumber ideal home
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com