Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini 3 Jenis Partisi Ruangan dan Tips Memilihnya

Kompas.com - 06/07/2022, 19:56 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbicara tentang dekorasi fungsional, ada beragam jenis yang bisa dihadirkan di dalam rumah, mulai dari furnitur serbaguna berdesain unik hingga karpet empuk berwarna netral yang melengkapi hunian minimalis.

Salah satu benda yang mungkin jarang dianggap sebagai dekorasi fungsional oleh sebagian orang adalah partisi ruangan, juga disebut pembagi ruangan (room divider).

Baca juga: Selain Dinding, 4 Benda Ini Bisa Digunakan Sebagai Pembatas Ruangan

Partisi ruangan adalah benda dekoratif fungsional yang membantumu memisahkan ruangan secara visual tanpa harus melakukan perubahan permanen layaknya membangun tembok.

Tidak hanya itu, partisi ruangan pun bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah tergantung pada jenis dan motif yang ditampilkan.

Ilustrasi pembatas ruangan.SHUTTERSTOCK / Pixel-Shot Ilustrasi pembatas ruangan.

Disadur dari The Spruce, Rabu (6/7/2022), ada tiga jenis pembatas ruangan yang dapat dengan mudah ditemukan, dan tips memilih pembatas ruangan yang tepat untuk dihadirkan di dalam rumah. Apa saja?

1. Partisi ruangan yang bisa dilipat

Partisi ruangan yang bisa dilipat atau folding divider adalah pembatas yang terbuat dari beberapa panel tinggi. Umumnya, panel ini dibuat dari kain atau material lain, dan dihubungkan oleh engsel.

Adapun engsel ini memungkinkan pembatas untuk melipat ke berbagai tingkat. Partisi ini tidak memerlukan instalasi lantaran bisa langsung digunakan hanya dengan membuka lipatannya.

Partisi ruangan jenis akordeon ini bisa didirikan dengan bebas. Artinya, mereka tidak menempel pada satu titik saja sehingga mudah untuk dipindahkan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: 5 Cara Membuat Pembatas Ruangan Tanpa Perlu Renovasi

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com