Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Jangka Panjang dari Penggunaan Panel Surya

Kompas.com - 06/07/2022, 11:54 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Solar panel atau panel surya merupakan sebuah alat yang terbuat dari bahan semikonduktor untuk mengubah energi surya (energi sinar dan panas dari matahari) menjadi energi listrik.

Saat ini penggunaan panel surya sebagai sumber listrik sangat disarankan, khususnya bagi setiap rumah tangga karena ada banyak manfaat yang didapat.

Bahkan, penggunaan panel surya pada sebuah rumah dapat memberikan manfaat dalam jangka panjang yang menguntungkan pemilik rumah.

Baca juga: 7 Alasan Panel Surya Dipasang di Atap Rumah

Dikutip dari postingan akun Instagram @mitraruma_official, Rabu (6/7/2022), berikut ini lima manfaat jangka panjang dari penggunaan panel surya.

cara bayar listrik lewat m Banking BCA sangat mudah. Kurang dari lima menit tagihan listrik terbayarKOMPAS.com cara bayar listrik lewat m Banking BCA sangat mudah. Kurang dari lima menit tagihan listrik terbayar
Mengurangi tagihan listrik

Apabila menggunakan panel surya, ini membuat penggunaan listrik rumah akan terbantu terpenuhi dengan adanya energi tenaga surya.

Dengan begitu tagihan listrik rumah akan berkurang karena saat siang hari kamu bisa menggunakan panel surya, kemudian pada malam hari menggunakan listrik.

Baca juga: Boros Listrik? Ini 6 Cara Menciptakan Dapur Hemat Energi

Menyimpan energi listrik

Pada solar panel tipe tertentu, energi listrik dari panel surya dapat disimpan pada baterai yang dapat digunakan sebagai cadangan listrik dan bisa dipakai saat diperlukan.

Mengurangi polusi dan pemanasan global

Listrik yang dihasilkan dari panel surya adalah energi yang bersih dan tidak menimbulkan polusi.

Baca juga: 4 Sumber Polusi Udara di Rumah yang Sering Diabaikan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com