Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2022, 08:32 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPanci kaca menjadi salah satu pilihan dalam menyimpan dan mengolah berbagai makanan.

Panci kaca memiliki tampilan yang transparan sehingga memudahkan orang-orang melihat isinya. Beberapa orang juga menggunakan panci kaca untuk menghangatkan atau memasak makanan di kompor.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Merusak Wajan dan Panci Antilengket

Lantas, apakah hal ini aman dilakukan?

Dikutip dari Kitchen Seer, Minggu (3/7/2022), menghangatkan makanan dengan panci kaca bisa dilakukan, tetapi ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan seperti berikut ini. 

Material kaca 

Ilustrasi panci kaca.SHUTTERSTOCK / Tanja Esser Ilustrasi panci kaca.

Material kaca yang digunakan pada panci kaca beragam. Material-material ini dapat membuat kaca tahan terhadap suhu rata-rata atau suhu yang lebih tinggi. 

Kaca yang terbuat dari tempered glass atau soda-lime glass tidak cocok dipanaskan di atas kompor karena rentan pecah atau meledak saat terkena panas tinggi.

Baca juga: 3 Bahan Alami untuk Hilangkan Noda Karat pada Peralatan Masak Tembaga

Sementara itu, jenis kaca borosilikat tahan suhu panas. Artinya, dapat menangani suhu tinggi dan sangat aman digunakan di atas kompor.

Panci yang terbuat dari kaca pyroceram pun cocok digunakan di atas ompor. Material yang juga dikenal dengan kaca keramik ini tahan terhadap panas tinggi serta mampu mentoleransi perubahan suhu yang tiba-tiba tanpa retak atau pecah. 

Ketahanan akan suhu 

Ilustrasi panci kaca.SHUTTERSTOCK / Canan Asik Ilustrasi panci kaca.

Peralatan dapur berbahan kaca memiliki daya tahan berbeda-beda terhadap suhu tertentu. Namun, salah satu jenis kaca terbaik adalah borosilikat. Material bisa menahan suhu hingga 300 derajat Celsius.

Sementara untuk jenis kaca pyroceram sangat tahan terhadap transisi suhu ekstrem serta dapat menahan suhu hingga 450 derajat Celsius.

Baca juga: 8 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kompor Kaca, Apa Saja? 

Label informasi 

Label informasi merupakan hal paling penting untuk dibaca sebelum mulai menggunakan panci kaca guna menghangatkan makanan. Lebel informasi ini memberi tahu apakah panci boleh dipanaskan di atas kompor atau tidak. 

Jenis kompor 

Ilustrasi kompor gas, tungku kompor gas. PIXABAY/FERARCOSN Ilustrasi kompor gas, tungku kompor gas.

Ada berbagai jenis kompor yang perlu dipertimbangkan ketika hendak menghangatkan makanan dalam panci kaca, dari kompor listrik hingga kompor gas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com