Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usir Kebisingan, Ini 4 Cara Membuat Rumah Kedap Suara

Kompas.com - 10/06/2022, 17:33 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decor Tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ketenangan dan jauh dari kebisingan menjadi hal yang diinginkan semua rumah. Akan tetapi, tak semua rumah berlokasi jauh dari sumber kebisingan.

Ada banyak rumah yang yang dekat dengan sumber kebisingan seperti jalan besar atau protokol, jalan umum atau jalan perumahan, dan lingkungan rumah yang berisik. 

Baca juga: 7 Cara Menciptakan Ruang Kerja yang Kedap Suara

Untuk menghindari kebisingan tersebut, cara paling mudah adalah membuat rumah menjadi kedap suara.

Namun, hal pertama yang harus dipertimbangkan membuat rumah kedap suara adalah bahan yang digunakan seperti dinding, jendela, bahkan lantai.

Selain itu, penting juga memikirkan elemen dekoratif yang diperlukan karena akan berkontribusi untuk mencapai tujuan.

Dilansir dari Decor Tips, Jumat (10/6/2022), berikut beberapa cara membuat rumah kedap suara. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Membuat Ruangan di Dalam Rumah Kedap Suara 

Lantai

Ilustrasi ruang tamu, karpet ruang tamu.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang tamu, karpet ruang tamu.
Ketika ingin mengisolasi rumah dari kebisingan, Anda perlu mempertimbangkan lantai yang digunakan. Menggunakan lantai yang tepat dapat menyerap kebisingan.

Pasang alas isolasi yang terbuat dari panel wol batu dan menambahkan karpet tebal untuk menyerap kebisingan. Ini sangat berguna jika Anda tinggal di rumah bertingkat dengan beberapa lantai. 

Pelapis dinding untuk mengisolasi kebisingan

Cara lain membuat rumah kedap suara adalah menggunakan pelapis yang terbuat dari bahan  panel gabus, kayu, atau poliuretan. Bahan-bahan tersebut dapat mencegah suara bising dari luar masuk ke rumah. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamar Tidur Kedap Suara 

Aksesori dekoratif

Rak buku tidak hanya untuk menyimpan buku, tetapi juga mengisolasi kebisingan. Rak buku menciptakan penghalang antara dinding tetangga dan dinding yang bersebelahan dengan mengganggu suara. 

Untuk kamar tidur, sebaiknya gunakan headboard, baik yang terbuat dari karpet maupun kain tebal. Headboard dapat diberi bantalan dan pelapis. Semakin banyak lapisan, semakin baik.

Selain itu, aksesori yang dapat meredam suara di kamar tidur dan ruang tamu, antara lain bantal, gorden tebal, sofa, dan pouf.

Baca juga: 6 Cara Membuat Rumah Kedap Suara yang Hemat Biaya 

Plafon

Ilustrasi ruangan, ilustrasi ruang tamu.SHUTTERSTOCK / onzon Ilustrasi ruangan, ilustrasi ruang tamu.
Pelapis plafon untuk peredam suara memiliki fungsi ganda, yakni mengisolasi suara dari satu lantai ke lantai lainnya dan mencegah suara eksternal dari lantai atas seperti hujan. 

Untuk mencapai hal ini, Anda harus menggunakan bilah kayu atau membuat plafon palsu dengan bahan isolasi di antara plafon palsu dan langit-langit asli.  

Baca juga: 7 Cara Membuat Rumah Kedap Suara

Apa yang dibutuhkan untuk membuat rumah kedap suara?

Ada berbagai cara membuat rumah kedap suara, di antaranya memilih jenis pelapis, bahan, dan elemen dekoratif yang akan membantu mengurangi kebisingan. 

Semakin banyak elemen yang dimiliki, semakin membantu meminimalkan kebisingan dan mencegah gema suara.

Rumah yang kosong atau tanpa banyak furnitur adalah dapat memantul suara. Untuk itu, perlu melengkapi rumah dengan barang-barang, terlebih yang bisa meredam suara.  

Selain itu, pintu juga membantu mengisolasi kebisingan. Pintu yang kokoh di kamar tidur bisa menjadi cara berguna untuk mencegah suara bising dari luar masuk ke ruangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Decor Tips
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com