Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Anjing Suka Berjemur di Bawah Sinar Matahari? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 10/06/2022, 09:25 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com – Jika umumnya manusia menghindari sinar matahari karena silau dan mungkin merasa kurang nyaman, beda halnya dengan anjing.

Beberapa pemilik anjing mungkin memerhatikan bahwa sahabat bulu mereka gemar berjemur di bawah sinar matahari, entah dengan berbaring di halaman rumah maupun dekat jendela ruang keluarga.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Anjing Merusak Sofa Saat Ditinggal Sendirian di Rumah

Ada alasan di balik kebiasaan ini, salah satunya adalah untuk mendapatkan vitamin D. Sebab, vitamin D tidak hanya dibutuhkan oleh manusia tetap juga anjing. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak selengkapnya, seperti dilansir Cuteness, Jumat (10/6/2022).

1. Vitamin D

Ilustrasi anjing berjemur.PIXABAY / Erwin Drews Ilustrasi anjing berjemur.

Pada manusia, vitamin D diproduksi oleh tubuh yang terpapar sinar matahari. Vitamin ini dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, mengatur penyerapan kalsium dan fosfor tubuh, seta meningkatkan kadar serotonin.

Vitamin D pun bekerja dengan cara yang sama pada anjing. Oleh sebab itu, ini menjadi salah satu kemungkinan mengapa sahabat bulu gemar berjemur di bawah sinar matahari.

Baca juga: 5 Alasan Anjing Peliharaan Suka Merusak Furnitur

Vitamin ini berkontribusi pada kesehatan tulang, otot, sistem kekebalan tubuh, dan otak anjing. Mereka menyerap vitamin D melalui kulit dan saluran pencernaannya.

Tubuh anjing memang dapat memproduksi vitamin D, tetapi tidak dalam jumlah yang dibutuhkan. Jadi, mereka harus melengkapinya, salah satunya melalui makanan anjing yang mengandung vitamin D.

Saat berbaring di bawah sinar matahari, sinarnya diserap oleh minyak di kulit anjing dan diubah menjadi vitamin D.

Akan tetapi, bulu anjing dapat mencegah mereka menyerap vitamin D sepenuhnya melalui kulit. Jadi, mereka menjilat tubuhnya untuk menelannya.

Halaman:
Sumber Cuteness
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com