Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Terbaik Membersihkan Serbet Dapur dan Cara Mencucinya

Kompas.com - 02/06/2022, 19:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Serbet adalah salah satu benda paling serbaguna di dapur. Serbet dapur biasa digunakan untuk mengelap piring basah, peralatan makan, bahkan beberapa menggunakannya untuk mengelap tumpahan di meja dapur. 

Lantaran sering digunakan, serbet dapur mudah kotor. Meski begitu, serbet jarang dibersihkan, padahal membersihkan serbet perlu dilakukan secara teratur.  

Baca juga: Seperti Baru Lagi, Ini Cara Membersihkan Kain Serbet yang Kotor

Dilansir dari Southern Living, Kamis (2/6/2022), sebuah penelitian menemukan serbet dapur dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri yang penyebab keracunan makanan dan infeksi, termasuk e-coli dan Staphylococcus aureu s atau dikenal sebagai staph. 

Seberapa sering serbet dapur harus dicuci

Ilustrasi serbet dapur.Shutterstock/New Africa Ilustrasi serbet dapur.
Patric Richardson, pembawa acara The Laundry Guy di Discovery+, mengaku lebih menyukai menggunakan serbet daput. Serbet jauh lebih baik daripada handuk kertas dan lebih bagus dilihat.

Untuk seberapa sering mencucinya, kata Richardson, itu tergantung pada penggunaannya. Jika memiliki satu serbet yang hanya digunakan untuk mengeringkan tangan, mencucinya setiap empat hari atau lebih adalah pilihan yang baik. 

Baca juga: 5 Tips Menjaga Serbet agar Bebas Noda

"Namun, apabila menggunakan handuk piring untuk tumpahan atau menyeka permukaan meja, jangan gunakan lebih dari satu hari," katanya.

Serbet dapur tidak perlu dicuci setiap hari. Anda bisa mencucinya dengan mesin cuci bersama pakaian kotor, asalkan serbet dalam kondisi kering.

Jangan lupa membersihkan sisa makanan dan kotoran dari serbet dapur sebelum memasukkannya ke keranjang pakaian atau mesin cuci. 

Baca juga: Cara Membersihkan Serbet Makan agar Kembali Bersih dan Bebas Noda 

Tips mencuci serbet dapur 

Untuk serbet dapur yang sangat kotor, sebaiknya mencucinya secara terpisah dari beban cucian lain. Bisa pula mencucinya bersama lap atau kain kotor lainnya. "Anda tidak harus agresif saat mencuci," imbuh Richardson.

Cukup gunakan detergen dan mencuci serbet dapur seperti biasa. Jika khawatir dengan kuman, gunakan pemutih beroksigen karena pemutih klorin dapat merusak warna dan  menurunkan serat. 

Baca juga: 7 Hal yang Dapat Dibersihkan dengan Kain Mikrofiber 

Setelah mencuci dan mengeringkan serbet, Richardson menyarankan menyetrikanya untuk membantu lebih tahan noda. 

Namun, jika tidak punya waktu menyetrika, cukup melipatnya dengan rapi dan masukkan kembali ke laci. Serbet dapur siap digunakan kembali untuk memasak, memanggang, membersihkan permukaan, mengelap piring, dan kegiatan lainnya di dapur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com