Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Meletakkan Tanaman Hias di Luar Ruangan Saat Hujan Turun?

Kompas.com - 02/06/2022, 16:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman membutuhkan air untuk bisa tumbuh subur. Namun, menyiram tanaman terlalu sering dapat berdampak buruk bagi pertumbuhannya, dari batang tanaman yang patah, layu,hingga mati.

Lantas, bolehkah mengeluarkan tanaman dalam ruangan ke halaman rumah saat hujan turun? Bolehkah tanaman terkena air hujan?

Baca juga: 10 Manfaat Garam untuk Tanaman dan Cara Mengaplikasikannya

Danae Horst, penulis Houseplants for All dan pemilik Folia Collective, sebuah e-commerce  tanaman hias di Eagle Rock, Los Angeles, Amerika Serikat, mengatakan tanaman di dalam ruangan akan merasa stres ketika diletakkan di luar ruangan saat hujan lebat.  

Selain itu, penting mempertimbangkan memilih pot tanaman yang memiliki drainase baik, terutama ketika menghadapi hujan deras.

“Jika tanaman berada dalam pot tanpa drainase atau berlubang kecil, Anda harus memantau berapa banyak air yang mengisinya dengan sangat cermat untuk menghindari campuran pot yang basah,” ucap Horst dikutip dari Los Angeles Times, Kamis (2/6/2022). 

Baca juga: 7 Tips Merawat Tanaman dengan Baik dan Benar untuk Pemula

Ilustrasi tanaman hias. Shutterstock/Flena_13 Ilustrasi tanaman hias.
Risiko lainnya yang dihadapi tanaman saat berada di tengah hujan lebat adalah hama dan debu hitam yang menyelimuti tanaman. 

Debu ini berasal dari hujan yang turun pertama kalinya dalam beberapa saat dan semua partikel di udara ikut terbawa hujan.

Begitu pun hindari membawa tanaman hias ke luar ruangan saat hujan hanya untuk memandikannya dan merendam akarnya secara menyeluruh. Sebaiknya, melakukannya di wastafel dapur atau shower. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias Indoor yang Menenangkan dan Menghilangkan Stres

Selain itu, membawa tanaman hias keluar ruangan saat cuaca lebih dingin dapat mengejutkan bagi beberapa tanaman. 

Annette Gutierrez, penulis blog tanaman Potted, memperingatkan bahwa kondisi hujan yang keras dapat merusak tanaman dan perubahan suhu yang tiba-tiba membuat tanaman takut. 

"Saya telah melihat banyak orang lupa meninggalkan tanamannya di luar saat hujan, kemudian menemukannya telah kering begitu matahari terbit kembali keesokan harinya," kata Horst. 

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Hias Unik dengan Harga Selangit 

 

Banyak pemilik tanaman berpikir bahwa tanaman akan baik-baik saja selama satu atau dua hari. Padahal, beberapa hari kemudian, tanaman bisa sangat kering.

Baik Gutierrez maupun Horst sepakat bahwa lebih baik adalah mengumpulkan air hujan dalam ember dan menggunakannya untuk menyiram tanaman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com