Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2022, 09:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wortel adalah salah satu tanaman sayuran akar yang banyak digunakan dalam masakan maupun diolah menjadi jus. Anda dapat menanam wortel di rumah dan memperoleh banyak manfaat wortel untuk kesehatan.

Untuk menanam wortel di rumah, Anda tidak perlu menanamnya di kebun yang luas. Apabila pekarangan rumah terbatas, maka Anda dapat mengakalinya dengan menanam wortel dalam pot.

Dilansir laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (28/5/2022), untuk menanam wortel dari bijinya, maka Anda tinggal membeli biji wortel dari toko tanaman.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Obat di Polybag

ilustrasi wortel lengkap dengan daunnya atau green wortel. PIXABAY/JILLWELLINGTON ilustrasi wortel lengkap dengan daunnya atau green wortel.

Selain itu, wortel sendiri bisa ditanam kembali, yakni cukup manfaatkan bagian atas wortel tempat tumbuhnya batang dan daun wortel.

Cara menanam wortel dari wortel

Ada tiga cara menanam wortel dari wortel yang dapat dilakukan di rumah. Namun, sebelumnya pastikan Anda mendapatkan wortel yang bagian atasnya masih utuh, akan lebih baik bila masih memiliki batang dan daun.

Perlu diingat, yang dimaksud dengan menanam wortel dari wortel adalah hanya tanaman wortel, yaitu daun dan bunganya. Adapun akar wortel yang biasa kita konsumsi tidak akan tumbuh.

1. Menggunakan air

Potong wortel bagian atas sekitar 3 cm. Tusuk wortel dengan tusuk gigi, sekitar 1 cm dari atas, dapat menggunakan 3 sampai 4 tusuk gigi.

Baca juga: Cara Menanam Timun Suri agar Berbuah Lebat

Tusuk gigi ini berguna untuk menahan wortel agar tidak tenggelam dalam air. Letakan wortel di atas gelas dengan tusuk gigi menahan di bibir gelas.

Isi gelas dengan air dan letakan gelas di tempat yang terang namun tidak kena cahaya matahari langsung. Tambahkan air setiap kali wortel tidak terendam air.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com