Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bau Kapur Barus pada Pakaian, Cuci Pakai Cuka

Kompas.com - 28/05/2022, 07:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bau kamper atau kapur barus dapat dengan mudah dikenali. Selain itu, bau kapur barus juga akan menempel pada pakaian jika bersentuhan dalam waktu yang cukup lama.

Sementara aroma kapur barus sering dikaitkan dengan rumah kakek-nenek kita atau orang dewasa lainnya, namun kapur barus tetap digunakan sampai sekarang karena satu alasan sederhana, yakni bekerja dengan baik untuk menjauhkan ngengat.

Dilansir Lifehacker Australia, Sabtu (28/5/2022), ada beberapa cara menghilangkan bau kapur barus pada pakaian yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah.

Baca juga: Catat, Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Pakaian Bayi

Ilustrasi menjemur pakaian. FREEPIK/BEARFOTOS Ilustrasi menjemur pakaian.

1. Menjemur pakaian di luar ruangan

Gantung pakaian di luar ruangan selama beberapa jam, idealnya pada hari dengan angin sepoi-sepoi. Anda mungkin perlu melakukan ini selama beberapa hari.

2. Simpan pakaian dengan arang

Keluarkan barang-barang dari lemari atau wadah penyimpanan dan taruh di lemari atau wadah lain yang tidak berbau kapur barus. Kemudian masukkan kantung berisi arang untuk menyerap baunya.

3. Cuci pakaian dengan cuka

Jika pakaian atau kain dapat dicuci dan tidak terlalu halus, ikuti petunjuk perawatan pada label untuk mencucinya dengan mesin atau tangan. Mulailah dengan mencuci menggunakan cuka.

Tambahkan satu cangkir cuka putih ke mesin cuci sebagai pengganti deterjen, atau campurkan larutan satu bagian cuka putih dengan delapan bagian air hangat, dan diamkan selama satu jam sebelum dibilas.

Baca juga: Perhatikan, Kesalahan dalam Mencuci yang Dapat Merusak Pakaian

Setelah cuka dibersihkan, jalankan melalui mesin cuci atau cuci tangan menggunakan deterjen atau sabun biasa. Setelah selesai, cium kainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com