Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Feng Shui: 6 Tata Letak Furnitur yang Tepat agar Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 27/05/2022, 14:01 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Menurut feng shui ada beberapa ruangan dirumah yang memiliki pengaruh besar dalam perputaran energi, salah satunya adalah kamar tidur. Kamar tidur merupakan area vital dirumah dimana kita beristirahat setelah seharian bekerja.

Kamar tidur dengan tata letak yang baik menurut feng shui akan mengalirkan energi yang stabil sehingga dapat mempengaruhi kenyamananmu saat tidur.

Dengan memperhatikan tata letaknya tentunya kamu akan lebih rileks dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Melansir dari kanal Youtube Akino W. Azzaro, Jumat (27/5/2022), Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan tata letaknya di dalam kamar tidurmu. Mulai dari elemen dekorasi seperti cermin dan pencahayaan hingga tata letak tempat tidur.

Baca juga: 5 Ide Merenovasi Kamar Mandi yang Dapat Menambah Nilai Jual Rumah

Cermin

Salah satu prinsip feng shui adalah Yi an bu yi ming yang berarti feng shui rumah haruslah sedikit gelap dan tidak terlalu bagus jika terang and transparan.

Untuk itu sebaiknya hindari sesuatu yang memberikan efek transparan seperti cermin di atas tempat tidur ataupun tepat didepan pintu masuk kamar.

Selain itu sebaiknya jangan meletakkan cermin tepat di depan tempat tidur. Selain dapat membuatmu kaget, tetapi juga dapat mempengaruhi energi pada tubuh.

Baca juga: 4 Cara Memperbarui Tampilan Kamar Mandi

Pencahayaan

Prinsip ‘yi an’ atau sedikit gelap lebih baik juga bisa diaplikasikan pada kamar tidur. Penelitian menunjukkan ketika cahaya redup atau berkurang maka hormon yang membuat kita tenang akan muncul.

Begitupula dengan kamar tidur, kamar tidur yang minim cahaya membuat tubuh kita lebih rileks sehingga kita dapat beristirahat dengan nyaman. Menurut feng shui, pada rumah yang terang penghuninya cenderung agresif dan sulit tidur.

Baca juga: 4 Cara Memperbarui Tampilan Kamar Mandi

Kepala ranjang

Ilustrasi membersihkan tempat tidur atau kasurFREEPIK.COM/RAWPIXEL.COM Ilustrasi membersihkan tempat tidur atau kasur

Kepala ranjang sebaiknya menghadap ke arah yang terbaik untuk dirimu sesuai dengan perhitungan kua.

Selain untuk kepala ranjang, arah menurut kua ini juga berlaku untuk pintu depan dan peletakkan kompor di dapur.

Selain menghadap ke arah kua mu, kepala ranjang sebaiknya bersandar pada tembok yang kokoh untuk menciptakan rasa aman dan nyaman saat tidur.

Baca juga: 4 Kesalahan Mendesain Kamar Tidur yang Membuat Sulit Beristirahat

Plafon kamar

Agar ruangan terlihat lebih elegan dan menarik umumnya kita menggunakan hiasan gypsum untuk membuat pola di plafon. Namun ternyata jenis plafon dengan terlalu banyak ornamen kurang cocok untuk kamar tidur.

Sebaiknya plafon kamar tidur haruslah datar agar tidak memberikan tekanan pada orang di bawahnya. Hindari pula menggunakan elemen dekorasi seperti lampu atau hiasan diatas ranjang.

Baca juga: 4 Cara Mengurangi Kebisingan di Kamar Tidur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com