Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pet Hotel dan Pet Shop Harus Dibuat Terpisah

Kompas.com - 24/05/2022, 17:52 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa pet shop atau tempat penjualan kebutuhan hewan peliharaan turut menyediakan pet hotel atau tempat penitipan hewan. Ini cukup membantu lantaran tidak perlu lagi mencari tempat penitipan hewan peliharaan. 

Akan tetapi, bila melihat dari faktor keamanan hayati atau biosecurity pada hewan dan manusia, pet shop dan pet hotel sebaiknya harus terpisah.

Baca juga: Ini Ketentuan Perawatan Saat Menitipkan Hewan Peliharaan di Pet Hotel

Hal ini disampaikan Zulfikar Basrul Gandong, dokter hewan sekaligus selaku Animal Welfare Advisor for Indonesia, Calon Dokter Hewan Karantina Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Ambon. 

Ilustrasi anjing - Anjing ras Tibetan Mastiff.SHUTTERSTOCK / Olga Aniven Ilustrasi anjing - Anjing ras Tibetan Mastiff.

Pet shop dan pet hotel perlu dipisahkan karena pet hotel adalah tempat untuk hewan-hewan yang sehat, bebas penyakit, vaksinasinya oke, dan bebas parasit, cacing, atau kutu,” tuturnya kepada Kompas.com, Senin (23/5/2022).  

Sementara itu, pet shop adalah toko yang menjual pakan, obat, dan aksesori hewan peliharaan,.

Untuk itu, ujar Zulfikar, sebaiknya pet hotel dan pet shop harus terpisah, terlebih di pet shop orang sering berlalu-lalang.

Baca juga: 3 Tips Memilih Tempat Penitipan Anjing yang Baik dan Tepat

“Mereka bisa membawa beberapa virus dan bakteri, bisa dibilang kalau pet shop tidak steril. Ada beberapa orang yang cuma beli pakan, tetapi bawa hewan peliharaan,” kata dosen luar biasa program studi kedokteran hewan fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. 

Belum lagi, hewan peliharaan yang dibawa ke pet shop belum tentu benar-benar sehat. Jika terjadi kontak dengan staf pet shop, lalu staf mengurus hewan di area penitipan, hewan-hewan yang sedang dititipkan bisa tertular penyakit.

Soal keamanan hayati, dikutip dari News Medical Life Sciences, Selasa (24/5/2022), adalah istilah yang mengacu pada tindakan untuk menghentikan penyebaran atau masuknya organisme berbahaya ke kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. 

Dalam hal memisahkan pet hotel dengan pet shop, langkah ini merupakan contoh penerapan keamanan hayati guna menjaga kesejahteraan serta kesehatan hewan-hewan yang dititipkan.

Baca juga: 5 Alasan Kucing Suka Menatap Pemiliknya yang Sedang Tidur

Apakah pet hotel perlu memiliki dokter hewan?

Ilustrasi kucing, kucing peliharaan.SHUTTERSTOCK/SHARSHONM Ilustrasi kucing, kucing peliharaan.

Zulfikar mengatakan, belum ada saat ini kewajiban bagi penitipan hewan peliharaan untuk memiliki dokter hewan yang berjaga di sana, kecuali jika jasa penitipan ditawarkan oleh klinik dokter hewan.

Namun, beberapa tempat penitipan hewan peliharaan sudah bekerja sama dengan dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan-hewan yang dititipkan setiap pagi dan malam hari.

Baca juga: Studi Ungkap Kucing Bisa Mengenali Nama Kucing Lain di Lingkungannya

Pemeriksaan ini dilakukan guna memastikan hewan peliharaan dalam keadaan sehat dan melihat apakah ada yang membutuhkan perawatan medis khusus atau tidak.

Karena itu, saat hendak menitipkan hewan peliharaan, pastikan tempat yang dituju dikelola dokter hewan atau setidaknya bekerja sama dengan dokter hewan yang rutin melakukan pemeriksaan ke tempat penitipan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com