Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membersihkan Botol Termos yang Kotor dan Bau

Kompas.com - 24/05/2022, 10:43 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Renonation

JAKARTA, KOMPAS.com - Minum air hangat diyakini dapat meningkatkan kesehatan. Tak heran, hal ini membuat banyak orang memilih menggunakan botol termos sebagai wadah air hangat. 

Namun, botol termos mudah kotor, terlebih bila tidak dibersihkan secara teratur. Bahkan, dilansir dari Renonation Singapore, Selasa (24/5/2022), sebuah penelitian menemukan bahwa botol termos mengandung lebih banyak bakteri daripada mangkuk kloset

Belum lagi, wadah bagian dalam botol termos dan cincin karet botol mudah kotor, bau, serta berubah warna menjadi kekuningan. Nah, berikut cara membersihkan botol termos yang kotor dan bau. 

Baca juga: Bingung Membersihkan Botol Termos Stainless Steel? Ikuti 3 Metode Ini

Pembersihan sederhana

Ilustrasi botol termos stainless steelUnsplash/quokkabottles Ilustrasi botol termos stainless steel
Pertama, rendam botol termos dalam air panas pada suhu 60 derajat Celsius, lalu gunakan sabun cuci piring untuk membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan botol.

Hindari menggunakan sabut gosok yang keras dan sikat atau penggosok baja tahan karat untuk menghindari goresan pada lapisan, yang membuat kotoran lebih mudah menumpuk.

Sebaiknya, menggunakan sikat lembut atau spons. Gosok setiap permukaan botol termos secara menyeluruh, dari tutup, permukaan luar dan dalam termos, hingga cincin karet. 

Baca juga: Mudah, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Termos 

Hilangkan noda teh dan kopi

Minyeduh minuman teh dan kopi ke dalam botol termos dapat meninggalkan noda. Jika termos tidak langsung dicuci setelah digunakan, noda akan semakin sulit dibersihkan.

Berikut dua metode yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda kopi dan teh pada botol termos. 

  • Masukkan es batu ke botol termos hingga mencapai seperempat tinggi botol. Kemudian, tambahkan tiga sendok makan garam, tutup botol sampai rapat, kocok selama tiga menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Letakkan botol termos di wastafel dapur, tambahkan sekitar satu inci cuka putih dan dua sendok makan baking powder ke dalam botol, lalu tambahkan air panas. Anda tidak perlu menutup tutup botol. Gelembung akan keluar secara alami, rendam selama satu hingga dua jam, lalu gosok botol termos dengan air hangat. 

Baca juga: 5 Cara Ampuh untuk Membersihkan Noda Kopi di Termos Stainless Steel 

Menghilangkan bau

Ilustrasi botol termos stainless steelUnsplash/quokkabottles Ilustrasi botol termos stainless steel
Setelah meminum minuman yang meninggalkan bau, gunakan cuka putih yang diencerkan dengan air, lalu rendam botol termos selama setengah jam, dan bilas dengan air panas untuk menghilangkan bau cuka yang kuat. 

Pembersihan mendalam

Jika ingin melakukan pembersihan mendalam, bersihkan botol termos menggunakan sabun cuci piring yang mengandung oksigen setiap beberapa bulan sekali.

Misalnya, Anda dapat meletakkan botol di wastafel dapur dan menambahkan hidrogen peroksida sebanyak satu inci.

 

Baca juga: 3 Cara Ampuh Menghilangkan Bau dan Bekas Kopi pada Termos 

Kemudian, tambahkan satu sendok makan baking powder yang dapat dimakan dan tambahkan air mendidih. Gelembung akan keluar dan kotoran akan mengalir keluar bersama gelembung.

Ingatlah untuk tidak menggunakan pembersih klorin saat membersihkan botol termos. Klorin dapat merusak permukaan baja tahan karat dan wadah bagian dalam botol termos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Renonation
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com