Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bekas Stiker yang Menempel di Pintu Kulkas

Kompas.com - 20/05/2022, 15:14 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu memiliki anak kecil d irumah, kulkas menjadi salah satu area yang cukup menarik bagi mereka.

Seringkali mereka menempelkan karyanya di pintu kulkas, menghias kulkas dengan magnet bahkan menempelkan stiker favoritnya di seluruh permukaan kulkas.

Setelah beberapa lama, stiker yang menempel pada pintu kulkas akan membuat kulkas terlihat kotor dan tidak menarik sehingga perlu dibersihkan.

 

Namun ternyata membersihkan stiker pada pintu kulkas tidaklah mudah, terutama untuk stiker dengan lem perekat yang cukup kuat.

Baca juga: Tips Menghias Pintu Kulkas agar Tampak Lebih Menarik

Untuk mengatasi masalah stiker yang sulit dibersihkan di pintu kulkas, kamu bisa mengandalkan beberapa bahan yang bisa kamu temui di rumah yaitu sampo dan minyak kayu putih.

Kedua bahan ini tak hanya membantu melepaskan stiker berbahan kertas dari permukaan kulkas, tetapi juga dapat mengikis sisa lem yang ditinggalkan oleh stiker.

Melansir dari kanal Youtube Evy Bellia, Jumat (20/5/2022), berikut ini merupakan tips mudah untuk membersihkan bekas stiker dan bekas lemnya di pintu kulkas.

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Pintu Kulkas Dibiarkan Terbuka?

Alat dan bahan yang kamu butuhkan

  • 1 bungkus sampo ukuran kecil
  • Sikat gigi bekas
  • Minyak kayu putih
  • Air bersih
  • Wadah plastik
  • Kain lap

Baca juga: 3 Tips Menjaga Bahan Makanan di Kulkas Tetap Dingin Saat Mati Lampu

Langkah-langkah membersihkan pintu kulkas dari stiker

Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan lemari es.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan lemari es.

1. Sebelum membersihkan kulkas dengan menggunakan larutan sampo, cobalah untuk membersihkan seluruh stiker dengan menggunakan tangan atau ujung sendok.

2. Campurkan 1 bungkus sampo ukuran kecil dengan sedikit air lalu aduk hingga merata. Gunakan larutan sampo ini untuk membersihkan pintu kulkas.

3. Aplikasikan larutan sampo ke seluruh permukaan pintu kulkas dengan menggunakan sikat gigi bekas. Stiker dengan bahan kertas akan lebih mudah untuk dibersihkan dan larut dengan larutan sampo. Gosok-gosok hingga stiker mengelupas dan lebih mudah untuk dibersihkan.

4. Untuk sisa lem stiker yang masih menempel, gunakan minyak kayu putih agar lem yang menempel lebih mudah dibersihkan.

5. Tumpahkan minyak kayu putih secukupnya ke kain bekas, lalu gosok ke permukaan lem hingga seluruh permukaan lem terangkat.

6. Setelah pintu kulkas bersih dari stiker dan sisa lem, lap menggunakan kain lembab dan kulkas akan kembali bersih seperti baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com