Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Ketinggian yang Tepat untuk Menggantung Dekorasi Dinding?

Kompas.com - 12/05/2022, 12:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinding yang kosong melompong kerap kali mengganggu beberapa pemilik rumah karena membuat ruangan terkesan kurang hidup.

Meski ruangan sudah memiliki sejumlah elemen dekoratif, seperti karpet berpola, vas bunga, atau karya seni patung di meja kopi, ruangan tetap terlihat kurang menarik jika dinding dibiarkan kosong.

Baca juga: Cara Memasang Dekorasi Dinding Tanpa Paku dan Sekrup

Solusi untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menggantung dekorasi dinding, entah itu foto keluarga maupun lukisan yang telah dikurasi.

Akan tetapi, menggantung dekorasi dinding tidak bisa dilakukan dengan sembarangan supaya tampilannya tidak berantakan.

Ilustrasi piring, ilustrasi dekorasi dinding.SHUTTERSTOCK / PETCHSPHATCHARA Ilustrasi piring, ilustrasi dekorasi dinding.

Dikutip dari Velcro, Kamis (12/5/2022), ada ukuran tinggi standar untuk menggantung dekorasi dinding di sekitar rumah, yakni sebagai berikut.

Aturan 144 cm

Dekorasi dinding harus digantung setinggi mata. Namun, kebanyakan orang menggantungnya terlalu tinggi sehingga mereka harus melihat ke atas untuk menikmati dekorasi yang ditampilkan.

Jadi, pastikan bagian tengah dekorasi sejajar dengan mata agar kamu bisa melihatnya dengan nyaman tanpa membuat leher terasa tegang.

Saat seseorang sedang berdiri, ketinggian mata sekitar 144 centimeter (cm) di atas tanah untuk rata-rata orang. Untuk itu, terapkan aturan ini ke semua dekorasi dinding di rumah.

Baca juga: 3 Cara Mendekorasi Dinding Rumah dengan Piring

Di atas sofa dan tempat tidur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com