Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Ukuran Lampu Gantung yang Tepat untuk Setiap Ruangan

Kompas.com - 09/05/2022, 21:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki lampu gantung di rumah tak hanya menjadi berfungsi menjadi pencahayaan, tetapi juga dekorasi yang dapat mempercantik ruangan

Selain itu, lampu gantung dapat menjadi titik fokus untuk setiap ruangan. Umumnya, lampu gantung dipasang di ruang makan, area pintu masuk rumah, dan ruang tamu

Baca juga: 5 Mitos Lampu Gantung yang Masih Dipercaya sampai Sekarang

Untuk itu, pastikan memilih lampu gantung yang sesuai dengan ukuran dan dekorasi ruangan.

Meski tidak ada aturan keras mengenai ukuran lampu gantung untuk ruangan, ada beberapa panduan yang dapat membantu Anda menentukan ukuran lampu gantung yang tepat untuk setiap ruangan dilansir dari The Spruce, Senin (9/5/2022), berikut ini.  

Baca juga: Simak, 7 Tips Dekorasi Ruangan dengan Lampu Gantung Minimalis  

Tips memilih ukuran lampu gantung untuk ruang makan 

Ilustrasi ruang makan, Ilustrasi lampu gantung di ruang makan. Unsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang makan, Ilustrasi lampu gantung di ruang makan.
Diameter lampu gantung ruang makan harus sekitar setengah hingga dua pertiga lebar meja makan yang akan digantung di atasnya.

Versi lain dari aturan ini adalah bahwa diameter lampu gantung harus berdiameter sekitar 30 sentimeter lebih kecil dari lebar meja ruang makan pada titik terlebarnya.

Logika di balik pedoman ini adalah bahwa para tamu yang bangkit dari tempat duduk mereka cenderung tidak membenturkan kepala jika lampu gantung disimpan jauh dari area tempat duduk. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Lampu Meja untuk Ruang Kerja di Rumah

Jika ini tidak memungkinkan, sebagian besar ahli merekomendasikan menggunakan ukuran lampu gantung ruang makan yang lebih besar daripada ukuran lebih kecil.

Gantung lampu sedikit lebih tinggi sehingga jauh dari jalan dan mengurangi risiko terbentur saat berdiri. 

Jika memungkinkan, ukuran lampu gantung tidak lebih dekat dari 1,2 meter dari dinding atau furnitur lainnya. Meski sulit dicapai di ruang yang lebih kecil, ini adalah aturan praktis yang baik untuk diterapkan. 

Baca juga: Lampu Tanam dan Lampu Plafon, Apa Bedanya?

Area pintu masuk rumah dan ruangan lainnya  

Ilustrasi lampu gantung di area pintu masuk rumah, Ilustrasi area pintu masuk rumah. Shutterstock/pics721 Ilustrasi lampu gantung di area pintu masuk rumah, Ilustrasi area pintu masuk rumah.
Untuk area pintu masuk rumah, kamar tidur besar, dan ruangan besar lainnya di rumah, perlu diingat bahwa lampu gantung yang tepat lebih dari sekadar masalah ukuran.

Ingatlah bahwa gaya perlengkapan dan bobot visual juga berperan. Jika memilih lampu gantung dengan gaya hiasan yang berat, sebaiknya memilik ukuran yang sedikit lebih kecil. 

Sementara itu, untuk lampu gantung dengan hiasan sedikit, Anda bisa memilih ukuran yang sedikit lebih lebar dari yang ditunjukkan aturan. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Furnitur untuk Ruang Makan yang Nyaman dan Awet

Salah satu metode standar untuk menentukan ukuran yang tepat untuk lampu gantung adalah menjumlahkan dimensi panjang dan lebar ruangan.

Misalnya, untuk area pintu masuk rumah berukuran 3,6 meter x 3,6 meter, membutuhkan lampu gantung berdiameter 60 sentimeter. 

Beberapa desainer menawarkan beberapa panduan ukuran lampu gantung untuk setiap ruangan. 

Baca juga: Selain Mati Listrik, Ini 5 Penyebab Lampu Tidak Menyala

  • Untuk ruangan berukuran 3 meter x 3 meter, pilih lampu gantung dengan lebar 43-50 sentimeter. 
  • Untuk ruangan berukuran sekitar 3,6 meter x 3,6 meter, pilih lampu gantung dengan lebar 55-68 sentimeter.
  • Untuk ruangan berukuran sekitar 4,2 meter x 4,2 meter, pilih lampu gantung dengan lebar 60-81 sentimeter. 

Baca juga: 4 Jenis Lampu yang Biasa Digunakan Setiap Ruangan di Rumah

Ruangan yang lebih besar dari ini jarang membutuhkan lampu gantung dengan lebar lebih dari 81 sentimeter, kecuali jika plafon rumah cukup tinggi.

Ruangan yang sangat besar dengan tinggi plafon 4,2 meter atau lebih tinggi dapat mentoleransi lampu gantung berdiameter 91 sentimeter. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com