Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2022, 07:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Urban farming adalah solusi pemanfaatan lahan terbatas atau lahan kosong di perkotaan untuk berkebun sayuran atau buah-buahan.

Dilansir laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (4/5/2022), urban farming merupakan pemanfaatan ruang terbuka menjadi lahan hijau, yang tujuannya untuk membantu masyarakat menghasilkan bahan pangan sendiri dan memperkuat ketahanan pangan.

Urban farming memiliki beberapa kelebihan, salah satunya bertambahnya kadar oksigen di tengah hiruk pikuk kehidupan di perkotaan dan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Alpukat dari Biji agar Cepat Berbuah

Ilustrasi alpukat mentega. SHUTTERSTOCK/UTIK MARGARINI Ilustrasi alpukat mentega.

Salah satu jenis tanaman buah yang dapat ditanam dengan metode urban farming adalah alpukat. Ada beberapa varietas alpukat unggul untuk urban farming, antara lain sebagai berikut.

1. Alpukat mentega

Alpukat ini disebut mentega karena saat sudah matang daging buahnya berwarna kuning bersih seperti mentega. Alpukat ini memiliki daging buah tebal, bertekstur kenyal, dan tak berair.

Bentuknya bulat dengan bagian pangkal dan ujung agak membulat pula, berat rata-rata sekitar 600 gram per buah, panjang buah sekitar 13 sampai 17 cm dan diameter buah 10 sampai 14 cm, tebal kulit buah hanya 1 mm dan tebal daging buah mencapai 1,9 sampai 2,1 cm.

Alpukat jenis ini tak berbeda dengan alpukat jenis lainnya, meski buah ini memiliki kadar protein 1,37 persen dan kadar lemak 7,58 persen. 

Baca juga: Ragam Cara Menyimpan Alpukat agar Tidak Cepat Busuk

Tanaman alpukat mentega ini rajin berbuah sepanjang tahun dan tingkat produksi buah yang berusia dewasa mampu menghasilkan 350 hingga 450 buah per pohon atau sekitar 225 kg per pohon.

2. Alpukat wina

Alpukat wina merupakan jenis alpukat lokal yang dibudidayakan pertama kali oleh kelompok tani di Desa Jetis, Kabupaten Semarang. Pada dasarnya merupakan tipe alpukat mentega dengan bentuk buah agak bulat, warna kulit hijau mengilap dan tebal.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com